Airbag Nissan X-Trail Meledak, Pengemudi Luka Bakar

Nissan X-Trail T30
Sumber :
  • Dok: Nissan

VIVA.co.id - Kejadian kantong udara yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya kembali terulang. Korbannya adalah seorang pengemudi mobil Nissan X-Trail lansiran 2001.

Faktor yang Bikin Airbag Tak Mengembang Saat Tabrakan

Dilansir dari Paultan, Kamis 9 Juli 2015, peristiwa yang terjadi di Jepang tersebut dialami pengemudi saat mobilnya mengalami kecelakaan. Ketika terjadi tabrakan, kantong udara (airbag) pada sisi pengemudi mengembang dengan normal, namun tidak demikian dengan airbag penumpang depan.

Meski tidak ada yang duduk di kursi penumpang depan, kantong udara memang mengembang. Namun, proses pengembangan airbag berlangsung tidak normal, di mana alat keselamatan tersebut meledak dan mengeluarkan serpihan tajam.

Efek Buat Pengendara Jika Airbag Mobil Mengembang

Akibat ledakan tersebut, dasbor mobil terbakar, dan api sempat menyambar wajah pengemudi. Untungnya, ia dapat cepat diselamatkan, sehingga terhindar dari luka yang lebih serius.

Menurut pihak Nissan, mereka mengakui bahwa airbag yang digunakan pada mobil tersebut adalah buatan Takata. Pihak Nissan Jepang juga mengklaim sudah melayangkan surat pemberitahuan mengenai recall dua tahun sebelumnya. Namun, sang pemilik mobil tidak juga membawanya ke bengkel untuk dilakukan perbaikan.

Bermasalah, Honda Recall Hampir 400 Ribu Mobil di Indonesia

Sementara itu, menurut pemilik mobil, ia merasa tidak mendapat pemberitahuan apa-apa dari Nissan. Saat ini, kasus tersebut masih dalam penyelidikan pihak kepolisian setempat. (art)

Airbag eksternal.

Tak Lama Lagi, Airbag Juga Dipasangi di Luar Mobil

Airbag eksternal bisa meredam energi sebanyak 30 persen.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2016