Aksi Risma di Atas Mobil Formula Besutan Mahasiswa ITS

Risma Jajal Mobil Formula Besutan Mahasiswa ITS Surabaya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tudji Martudji
VIVA.co.id - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, menjajal sekaligus meresmikan mobil formula besutan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Mobil itu adalah Sapu Angin Speed III (SAS III). Mobil itu akan berlaga di ajang Student Formula Japan (SFJ) pada 1-5 September 2015.‎
Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem

Tri Rismaharini alias Risma meresmikan mobil itu didampingi Rektor ITS Surabaya, Jony Hermawan, dan Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, Yoshiharu Kato‎, pada Minggu, 16 Agustus 2015.
Ahok Sewot Jakarta Disebut Berantakan Dibanding Surabaya

Risma mengatakan, Pemerintah Kota Surabaya selalu mendukung kreativitas mahasiswa, termasuk keberadaan mobil formula Sapu Angin yang siap berlaga di kancah internasional.
Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta

"Saya yakin kalau suatu saat kalau ini tidak putus asa, maka kita suatu saat akan punya titik temu antara industri dan hasil penelitian," kata Risma.

Rektor Jony ‎Hermawan menambahkan, langkah yang dilakukannya adalah bagian dari proses pembelajaran. Termasuk proses pembuatan kendaraan. Hal yang dinilai bukan hanya soal kendaraannya bisa tampil dengan bagus tapi dari mulai proses pembuatan sampai jadi dan dilombakan, semua dinilai.

"Ini merupakan proses pendidikan yang baik bagi mereka. Bagaimana semua sistem itu dilaporkan, direncanakan di dalam suatu dokumen yang terstruktur. Dan proses semacam ini tidak ada di bangku kuliah. Ke depan harus terus digalakkan," kata Jony.

SAS III adalah proyek mobil formula hasil kreativitas mahasiswa ITS. ‎Sebelumnya, mahasiswa ITS juga berhasil membuat mobil formula Sapu Angin Speed I (SAS I) generasi pertama yang meraih Best Rookie Award (penghargaan pendatang baru terbaik) di kompetisi Student Formula Japan (SFJ) tahun 2013 dan dilanjutkan meningkatnya peringkat Sapu Angin Speed II pada kompetisi SFJ 2014.

SFJ 2015‎ merupakan kompetisi yang tidak mengacu pada race akhir, namun untuk menjadi pemenang, peserta harus mendapatkan poin tertinggi dari beberapa penilaian, yaitu static events: presentation 75, engineering design 150, cost analysis 100. Penilaian lain adalah dynamic events: acceleration 75, skid-pad 50, autocross 150, efficiency 100, endurance 300.‎

Spesifikasi mobil Sapu Angin Speed III:

Name: Sapu Angin Speed (SAS) III
L/W/H: 2.8 / 1.4 / 1.3 meter
Engine: Husaberg FE 450cc (Single Cylinder)
Body: Fiberglass, Frame with Under Tray
Chassis: Space Frame AISI 1020 Tube
Steering: Rack and Pinion
Seat Belt: Sparco Harness 6 Point
Fuel Tank: 8 Litre
Wheel Base: 1.6 Meter
Track Width: 1.3 Meter
Rim Tyres: 13 Inch
Fuel System: Fuel Injection with Iquteche Fuel Adjuster
Brake: Front Nissin 2 piston, Rear Nissin 1 Piston 
Transmission: Chain and Drive with Limited Slip Differential
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya