TNI Pamerkan Empat Kendaraan Tempur di IIMS, Apa Saja?

Warga Jakarta Naik Panser Anoa
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Tidak hanya dihiasi kendaraan sipil, ajang Indonesia International Motor Shown (IIMS) tahun ini juga menampilkan kendaraan militer atau alutsista milik TNI. Setidaknya ada empat jenis kendaraan yang dipajang yaitu Anoa, Bushmaster, Tank Leopard dan Tank Scorpio.

Kapten Corps Peralatan (Cpl) TNI AD, Subandi menjelaskan keikutsertaan TNI pada ajang IIMS ini untuk memperkenalkan kendaraan yang biasa dipakai TNI kepada masyarakat umum. Masyarakat juga diizinkan untuk menaiki dan berfoto di kendaraan tersebut.

"Ini permata kalinya kita ikut, biasanya kan pameran di Monas, kali ini di IIMS kan buat masyarakat umum, sekalian buat memperkenalkan ke masyarakat" kata Kapten Subandi di IIMS, Kemayoran, Jakarta, Sabtu 22 Agustus 2015.

Berikut spesifikasi teknis dari masing-masing kendaraan seperti dijelaskan Kapten Subandi.

Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka

Bushmaster, kendaraan buatan Australia ini biasa dipakai untuk pertempuran kota, pengamanan VVIP, pembebasan sandra, dan mendobrak gedung. Kendaraan ini terbuat dari baja, dan dilengkapi dengan mesin turbo setara 330 daya kuda. Bushmaster diklaim tahan ranjau anti tank dan telah dipakai TNI AD dalam perang Timor Timur, perang Afghanistan dan perang Irak.

Anoa, kendaraan asli buatan Indonesia ini, produksi Pindad, Bandung. Dengan pelindung bodi dan kaca antipeluru, Anoa biasa dipakai untuk pengamanan dan pertempuran kota. Untuk Peforma, Anoa dibekali mesin diesel inline 6 silinder yang mampu mengasilkan 320 daya kuda. Kendaraan ini dikemudikan dua orang, yaitu mekanik hidrolik bagian depan dan tengah.

Tank Leopard
, main battle tank buatan Jerman.  Kendaraan yang berada di garis depan saat pertempuran ini dilengkapi senjata utama kanon 120 mm. Tank Leopard mampu mencapai kecepatan 68 km per jam dengan mobilitas jarak jelajah 460 km.

Tank Scorpio, tergolong light battle tank atau tank ringan, dan biasa dipakai untuk pengintaian. Soal kecepatan, tank scorpio mampu mencapai 80km per jam, dengan mobilitas jelajah 600 km. Kendaraan ini juga dilengkapi persenjataan kanon 90 mm.

Wakil Presiden Jusuf Kalla

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

20 tahun lalu kita masih impor, sekarang kita masuk ke manufacturing.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016