Ini Penampakan Truk 'Molen' Terbaru Milik Hino

Truk Mixer terbaru dari Hino
Sumber :
  • Dok: Hino

VIVA.co.id - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai main dealer kendaraan Hino meluncurkan tiga produk terbaru di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Salah satunya truk "molen" yang diberi julukan New Generation Ranger GY 350 PU.

Hino Meriahkan GIIAS 2016 dengan Dump Truck Legendaris

Kendaraan yang masuk dalam kelas medium duty truck ini punya beberapa keunggulan, di antaranya memiliki kubikasi lebih besar dari tipe yang sudah ada. Truk dengan 8 sumbu roda ini masuk kategori Hino500 Series.

Truk molen ini didukung dengan mesin Common Rail P11C-VP bertenaga 350 PS dan mampu menghasilkan torsi maksimum 134 kgm, sehingga memiliki performa mesin yang lebih bertenaga dan tangguh.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Mixer Truck ini juga disertai transmisi M009 OD (Over Drive), sehingga diklaim lebih hemat bahan bakar. Terdapat juga Flywheel PTO yang berfungsi meneruskan tenaga mesin untuk memutar mixer (drum) serta dilengkapi dengan Full Air Brake System untuk meningkatkan performa pengereman.

Selain itu, dengan rangka yang panjang, konstruksi sasis yang kokoh serta ditopang sumbu roda 8x4 membuat kendaraan ini sangat cocok mengangkut body mixer dengan kapasitas yang lebih besar.

Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka

"Seiring dengan berkembangnya proyek-proyek konstruksi tahun ini, untuk itu Hino berupaya ikut berkontribusi dengan memenuhi kendaraan yang mumpuni sebagai rekan bisnis para kontraktor," kata Santiko Wardoyo, direktur Penjualan dan Promosi HMSI, dalam keterangan tertulisnya.

Meluncurnya produk baru ini tentu diharapkan akan semakin mengokohkan pabrikan asal Jepang ini sebagai pemimpin di kategori tiga atau medium duty truck, di mana pangsa pasar Hino kini mencapai 61 persen pada semester I-2015.

Tak hanya truk "molen", HMSI juga meluncurkan bus terbarunya, FC Bus. Unit ini didukung mesin dengan sistem Common Rail 4 silinder yang menghasilkan tenaga lebih besar, namun hemat bahan bakar. Bus besar ini mampu menghasilkan tenaga 190 PS dengan torsi maksimum 56 kgm, sehingga performa lebih tangguh dan lincah pada saat berkendara.

FC Bus berkapasitas 40 seat ini juga dilengkapi Turbo Charger Intercooler yang teruji keandalan dan kemudahan dalam perawatannya. Kendaraan ini menggunakan transmisi LX06S dengan variasi gigi ratio yang disesuaikan dengan torsi mesin, sehingga menambah performa daya tanjak dan daya tahan gardan lebih lama.

FC Bus ini sangat sesuai digunakan dalam perjalanan dalam kota maupun antar kota. Sasis yang tebal dan kuat membuat daya tahan sasis terhadap beban lebih baik dan tahan lama. Ban pada FC Bus hadir dengan jejak lebih lebar, sehingga lebih stabil dan menambah kenyamanan berkendara.

"Sebagai tambahan, unit ini juga dilengkapi stabilizer pada bagian belakang serta shock absorber (double acting) pada bagian kedua axle yang dapat memberikan kestabilan kendaraan yang lebih baik," ungkap Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI, saat peluncuran tiga produk baru Hino. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya