Bahaya Nekat Melintasi Banjir dengan Mobil

Mobil Mogok Terjebak Banjir di Depan Kampus Trisakti dan Untar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Nadlir

VIVA.co.id - Setelah sukses dengan empat pilar keep smart driving, salah satu klub otomotif terbesar di Indonesia, AvanzaXenia Indonesia Club (Axic) bekerjasama dengan Tunas Friend, kembali melahirkan kampanye keselamatan baru.

Pada acara yang dihadiri lebih dari 500 orang anggotanya di Jakarta, Minggu, 27 September 2015, Axic meresmikan kampanye 'think before cross the flood' atau berpikir sebelum melintasi banjir.

Ketua Axic Darlan Nuryadi mengatakan, kampanye diluncurkan pada saat sebagian besar wilayah di Indonesia akan memasuki musim hujan. "Menerobos banjir atau genangan air adalah sebuah pilihan."

"Alasan waktu dan kondisi, banyak yang ingin mengambil jalur pintas," kata Darlan. General Manager Marcomm Tunas Group, Usman Adie, mengakui kampanye itu bisa jadi kontroversi.

Untuk sebagian orang, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia selama ini banyak jadi pilihan, selain dikenal sebagai mobil keluarga, juga kehandalannya melintasi jalan-jalan ibukota yang kerap diserang banjir.

Namun Usman mengatakan yakin, kampanye itu tidak akan memengaruhi pilihan banyak orang, dalam memilih Avanza dan Xenia sebagai kendaraan yang handal untuk kebutuhan keluarga dan harian mereka.

"Kembali pada fungsinya, mobil bukan perahu," kata Sekretaris Axic, Ridwan Yazid. Dia menambahkan, melintasi banjir adalah tentang menentukan pilihan secara cerdas, mempertimbangkan faktor keselamatan dan kerugian.

Darlan mengatakan kerusakan akibat banjir membutuhkan biaya perbaikan yang besar, dan asuransi biasanya tidak akan mengganti kerusakan akibat menerobos banjir. Perbaikan pun tidak akan dapat membuat mobil pulih 100 persen.

"Hal penting lain yang sering dilupakan, banjir membawa kotoran, bakteri dan virus, yang tidak ketahui dan bersarang di kendaraan yang melewati banjir, cepat atau lambat mengancam kesehatan pemiliknya," ujar Darlan.

Berdiri sejak 12 tahun lalu, Axic menjadi klub otomotif pertama yang secara konsisten melakukan kampanye safety driving, dengan empat pilar utama antara lain Antibaru Jalan Tol, Seatbelt for All, No Hazard, dan No Texting While Driving.

Avanza-Xenia Keluaran 2012 Paling Banyak Diburu, Kenapa?

Peluncuran kampanye terbaru klub otomotif Axic

Peluncuran kampanye terbaru klub otomotif Axic
Calya Punya Potensi 'Makan' Pasar Kakak Kandungnya

Hingga Agustus 2015, lebih dari 4.500 orang sudah tercatat sebagai anggota di seluruh Indonesia. Sementara Tunas Friend adalah program keanggotan bagi pelanggan Tunas Group, dengan jumlah anggota sudah lebih dari 100.000 orang.
Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016