Jepang Ingin Bangun 'Kerajaan' Otomotif di Thailand

Pabrik Toyota
Sumber :
  • REUTERS/Chaiwat Subprasom

VIVA.co.id - Pemerintah Jepang akan berkolaborasi dengan Thailand untuk membangun "kerajaan" otomotif di negeri Gajah Putih itu. Thailand akan menjadi basis produksi untuk beberapa produk otomotif asal Jepang.

Dilansir Paultan, Kamis 1 Oktober 2015, beberapa produsen mobil asal Jepang akan membangun pabrik di Thailand, terutama untuk model truk pikap, mobil hybrid, dan mobil listrik.

Kerja sama ini lahir berawal dari kunjungan Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha, ke Jepang awal tahun ini. Jenderal Prayut yang juga pejabat National Economic and Social Development Board (NESDB) juga menggelar pertemuan dengan perwakilan Japan External Trade Organization (Jetro).

Kemajuan dari pertemuan ini akhirnya membuahkan hasil. Menurut Sekjen NESDB, Arkhom Termpitayapaisith, perusahaan-perusahaan Jepang akan menjadikan Thailand sebagai basis produksi mereka.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sebaliknya, pemerintah Thailand tentu akan mempermudah dengan memangkas tarif impor dan pajak untuk beberapa suku cadang asli yang belum bisa diproduksi langsung di Thailand.

Tak hanya itu, Jepang juga berencana mulai mengembangkan pusat pengujian kendaraan di Thailand, di antaranya uji kecelakaan, uji kecepatan, dan uji emisi. Untuk tahap pertama dari kerja sama ini akan dikucurkan dana sekitar 87,8 miliar baht.

Wakil Presiden Jusuf Kalla

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty

Pemerintah tidak akan membocorkan rahasia perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016