Pemerintah Ingin Bisa Ekspor Sedan dan SUV

Pabrik perakitan mobil Honda.
Sumber :
  • Inautonews

VIVA.co.id - Jumlah ekspor mobil yang masuk dalam kategori multi purpose vehicle (MPV) dari Indonesia sekitar 200 ribu unit setiap tahunnya. Jika dilihat secara global, angka tersebut terbilang cukup kecil dibanding model lainnya.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan, mengatakan, pasar otomotif global hingga saat ini masih didominasi oleh mobil jenis sedan dan sport utility vehicle (SUV).

"Harapannya, industri otomotif di Indonesia bukan sekadar untuk pasar lokal, tetapi juga global. Seperti diketahui, kendaran paling besar pasarnya di dunia itu sedan dan SUV. Kalau dari pameran Jakarta Auto Show, bisa dilihat kendaraan yang dipamerkan mengarah ke jenis sedan dan SUV," ungkap Putu, Kamis 29 Oktober 2015.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Putu juga ingin agar agen pemegang merek (APM) mulai mempertimbangkan Indonesia menjadi production base untuk model sedan dan SUV, meski memiliki tantangan yang cukup besar.

"Harapannya bisa produksi model sedan dan SUV di sini. Tapi, memang tantangannya cukup berat, karena harus memenuhi beberapa persyaratan internasional terkait emisi, standar keselamatan, dan yang lainnya," katanya.

Kepala Desain Mobil General Motors Resmi Pensiun
Wakil Presiden Jusuf Kalla

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty

Pemerintah tidak akan membocorkan rahasia perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016