Tak Lama Lagi, Honda Akan Terbang

HondaJet membentuk formasi.
Sumber :
  • HondaJet

VIVA.co.id - Tak hanya berusaha mendominasi jalan raya, pabrikan kendaraan asal Jepang, Honda juga berniat mengangkangi angkasa.

Modifikasi Honda Odyssey: Bunglon yang Mudah Bergaul

Hal ini ditunjukkan dengan hadirnya pesawat kecil rancangan Honda Aircraft Company, yaitu HondaJet. Ide untuk membuat pesawat sebenarnya sudah tercetus sejak 1997, namun baru terealisasi pada 2003.

Saat ini, Honda sudah membuat HondaJet sebanyak lima unit, dan semuanya sedang digunakan untuk proses pengujian laik terbang.

Modifikasi Honda Odyssey, Sangar Tapi Tetap Fungsional

Bahkan, seperti dilansir dari Autoevolution, Kamis, 19 November 2015, saat ini status pesawat sedang menunggu hasil uji dari badan keselamatan penerbangan Amerika Serikat, Federal Aviation Administration (FAA).

Jika lolos uji, maka tak lama lagi Honda bisa memulai proses produksi. Saat ini, pesawat sudah diuji selama lebih dari tiga ribu jam terbang. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa semua bagian pesawat berfungsi dengan baik dan aman.

Honda Rilis Motor Rp9 Jutaan

Proses pengujian meliputi lepas landas, mendarat, keadaan darurat, serta skenario melewati beberapa kawasan dengan tingkat kelembaban dan suhu yang berbeda-beda.

Hondajet mampu menampung hingga enam orang penumpang dan bisa menempuh jarak sejauh lebih darii dua riibu kilometer satu kali penerbangan. Pesawat ini rencananya akan dijual dengan kisaran harga US$4,5 juta, atau setara dengan Rp61,7 miliar.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya