Sosok Penting yang Terlupakan di Setiap Pameran Otomotif

Salah satu tenaga pengelap mobil pameran, Sunarto.
Sumber :
  • Dian Tami/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Sosok petugas lap mobil sering terlupakan dalam setiap pameran otomotif. Padahal, tanpa mereka, pameran tidak akan berlangsung dengan sempurna.

Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka

Ditemui di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Makassar 2015, Sunarto, salah satu petugas yang bertanggung jawab atas kebersihan mobil di stan Honda, mengatakan, ada pelatihan khusus untuk membuat mobil yang dipamerkan tampak bersih dan mengilap.

"Saya datang dari Jakarta. Memang ditugaskan untuk diler di Makassar. Karena ada pameran ini, saya jadinya ditugaskan untuk bertanggung jawab menjaga mobil di pameran agar tetap terlihat bersih," ujarnya kepada VIVA.co.id, Kamis, 26 November 2015.

Wapres Kalla Resmikan Pembukaan GIIAS 2016

Pekerjaan tersebut memang terlihat mudah, namun Sunar mengaku, harus menjalani pelatihan selama delapan bulan di Jakarta, agar dapat memoles mobil dengan benar. "Untuk jam kerja mulainya itu, jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Biasanya lap mobil di diler. Setiap tiga bulan itu rolling ke wilayah lain, karena saya ini ada di bawah naungan perusahaan lain yang bekerjasama dengan Honda. Jadi tidak langsung kerja dengan Honda," ujarnya menjelaskan.

Dalam satu bulan, Sunarto mendapatkan upah sesuai dengan Upah Minimum Regional (UMR) Jakarta. Upah tersebut belum termasuk uang makan dan tempat menginap di wilayah tempatnya bekerja.

Mercy Bakal Pamerkan All New Mercedes-Benz E-Class di GIIAS

(mus)

Wakil Presiden Jusuf Kalla

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

20 tahun lalu kita masih impor, sekarang kita masuk ke manufacturing.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016