Bus Tingkat Seharga Rp3,8 Miliar Ikut Meriahkan IIMS

Bus tingkat di IIMS 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id - Pagelaran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 tidak hanya dimeriahkan oleh agen pemegang merek (APM) dan aksesoris kendaraan.

Salah satu yang dapat dilihat dan menarik pengunjung adalah bus tingkat atau Transjakarta double decker. Berada di area out door, bus berwarna biru tersebut selalu padat karena pengunjung dapat melihat seluruh bagian bus, termasuk desain dalamnya.

Technical training supervisor PT Duta Putera Sumatera Ejen authoriuzed distributor MAN Truck and Bus di Indonesia, Jaenudin mengatakan, bus tersebut merupakan milik perusahaan Tower Bersama.

"Bus ini pembelinya dari perusahaan Tower bersama. Mereka beli model sasis dan engine MAN, terus body builder-nya adalah Nusantara Gemilang yang ada di Kudus, sehingga dibikin jadi dua tingkat," ungkapnya di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Meski menggunakan label Transjakarta pada bodi bus, namun, bus akan diberikan kepada Pemda DKI Jakarta untuk dijadikan city tour.

"Ini bukan untuk bus Transjakarta, tapi untuk city tour yang biasa dimiliki beberapa perusahaan sebelumnya. Tapi untuk operasinya belum tahu kapan," tambahnya.

Saat disinggung mengenai harga yang dikeluarkan untuk membuat satu unit bus, Ejen mengatakan total untuk membuat bus tersebut yakni Rp3,8 miliar.

"Sasisnya saja dari MAN seharga Rp1,8 miliar. Lalu untuk bodinya itu sekitar Rp2 miliar, jadi harganya itu sekitar Rp3,8 miliar," katanya. (one)

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016