Angka Kecelakaan di Jalanan Jakarta Terus Meningkat

Kecelakaan Kendaraan Bermotor di Daan Mogot
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Angka kecelakaan lalu lintas DKI Jakarta di tahun 2015 mengalami peningkatan hingga delapan persen bila dibandingkan dengan 2014 lalu.

Tabrak Polantas, Pengemudi Mercy Diperiksa Intensif

Dari data Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, sebanyak 5.966 kejadian kecelakaan terjadi sepanjang tahun 2014. Sedangkan pada 2015, tercatat mengalami kenaikan menjadi 6.434 kejadian kecelakaan.

Meski mengalami peningkatan pada jumlah kejadian, namun penurunan terjadi pada jumlah korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di DKI Jakarta. Untuk tahun 2014, jumlah korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas mencapai 636 jiwa, sedangkan pada 2015 mengalami penurunan hingga tujuh persen, atau hanya 591 jiwa.

Pelaku Kecelakaan dari Kalangan Sarjana Melonjak

“Kemarin secara kuantitatif memang ada peningkatan, tapi dari aspek fatalitas memang ada penurunan,” ungkap Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto, saat ditemui VIVA.co.id, di Ditlantas Polda Metro Jaya, Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan.

Data ini menunjukkan jumlah korban jiwa yang disebabkan karena kecelakaan di wilayah DKI Jakarta masih cukup tinggi. Berdasarkan angka tersebut, rata-rata korban meninggal dunia akibat kecelakaan terjadi setiap harinya.

Tiap Hari 70 Jiwa Melayang Akibat Kecelakaan di Indonesia

Guna menekan angka kecelakaan tersebut, kata dia, tentu saja diperlukan edukasi dari pihak kepolisian serta kesadaran dari masyarakat saat sedang berkendara.

“Kami tentu berupaya yang terbaik untuk memberikan edukasi mengenai tata cara berkendara dengan benar dan rambu-rambu lalu lintas yang harus ditaati oleh pengendara, sehingga kesadaraan akan pentingnya keselamatan di jalan semakin dirasakan masyarakat,” kata Budiyanto.

Korban saat menjalani perawatan di RS Bhakti Husada Krikilan. (Foto: Erwin Wahyudi/TIMES Indonesia).

Tabrak Lari, Nyawa Warga Banyuwangi Tak Tertolong

Polisi masih menyelidiki kasus tersebut

img_title
VIVA.co.id
10 September 2019