Kenalkan, Kendaraan Tanpa Awak untuk Bercocok Tanam

Traktor tanpa awak
Sumber :
  • Mirror

VIVA.co.id – Mendengar istilah kendaraan autonomos, tentunya akan terbesit mobil-mobil canggih tanpa awak keluaran produsen mobil ternama. Namun kini, kendaraan tanpa awak telah dikembangkan tak hanya untuk di jalan raya, melainkan untuk pertanian.

Bukan Cuma Mobil Baru, Ini Strategi Wuling Layani Konsumen di RI

Salah satu yang kini tengah hangat diperbincangkan yakni tracktor autonomos di Farm Progress Show, Boone, Iowa, Amerika Serikat. Traktor ini disebut akan menjadi bagian masa depan di bidang pertanian, karena petani tak perlu repot berada di belakang kemudi.

Mereka hanya perlu memantaunya dari jarak jauh dengan menggunakan program di layar monitor. Dengan begitu traktor ini diklaim mampu melakukan penanaman, penyemprotan hingga memanen.

Selain Punya Perintah Suara, Mobil Wuling Bakal Lebih Canggih

Dilansir Dailymail, Kamis 1 September 2016, traktor otonom ini telah dilengkapi radar, Light Detection and Ranging (Lidar) dan kamera video. Kendaraan dengan kecepatan rendah yang mampu bekerja mandiri ini rupanya dihadirkan perusahaan Cash IH.

Menurut Presiden Case IH Brand, Andreas Klauser, adanya traktor autonomos dapat membantu para petani mengingat sulitnya mencari pekerja terampil di bidang pertanian khususnya saat musim mencocok tanam.

Di Mobil Masa Depan, Sandaran Tangan Bisa Jadi Layar Sentuh

"Sementara kami menawarkan auto-steering dan telematika pada peralatan kami hari ini, hanya dengan menggunakan remote dari mesin yang dikendalikan petani dan karyawan. Konsep traktor otonom ini menunjukkan bagaimana pelanggan kami dan karyawan mereka bisa memantau dari jarak jauh dan juga mongontrol mesin langsung,” katanya.

Jika dilihat dari bentuknya memang tampang traktor autonomos ini sangat bongsor dan sangar. Bagian bodinya pun tak dibuat tempat duduk untuk mengemudi.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022