Astra Miliki 49 Kampung Berseri Astra di 17 Provinsi

Penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia Award 2016 Zainul A
Sumber :

VIVA.co.id – Grup Astra saat ini memiliki 49 Kampung Berseri Astra (KBA) yang tersebar di 17 provinsi di Indonesia dan diharapkan pada akhir 2018 dapat bertambah menjadi 34 provinsi.

Mobil Rp130 Jutaan Ini Laku Keras Menjelang Lebaran

Hal itu terungkap dalam Festival KBA di Jakarta Convention Center (JCC) sebagai rangkaian peringatan HUT ke-60 Astra, Minggu 26 Februari 2016. Dalam Festival KBA tersebut, tiga narasumber yakni Zainul Arifin (penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia 2016), Trisno (penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia 2015) dan Shafiq Pontoh (Co-founder Indonesia Berkebun dan Ayah ASI) berbagi inspirasi kepada sekitar 300 komunitas lingkungan yang memadati Cendrawasih Hall JCC.

Penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia Award 2016 Zainul A

Mobil Termurah di Indonesia Punya Segudang Fitur

KBA merupakan program kontribusi sosial Astra untuk masyarakat dengan konsep pengembangan terintegrasi empat pilar program CSR yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Program pembinaan dan pemberdayaan yang diterapkan melalui KBA ini diharapkan dapat berdampak positif kepada masyarakat, sehingga secara kolektif masyarakat dapat mengambil tindakan inisiatif perubahan untuk mengubah kualitas kehidupan masyarakat baik dari segi pendidikan, kesehatan, lingkungan dan peningkatan standar kesejahteraan.

Daihatsu Ungkap Karakter Pemilik Mobil Buatan Mereka

Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2015 Trisno

Melalui program Kampung Berseri Astra (KBA) ini, masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif. Dalam penerapan KBA, terdapat tingkatan pencapaian status yang berhasil diterapkan dalam suatu wilayah. Tingkatan pencapaian status tersebut akan dievaluasi setiap tahun dan pencapaian terbaik akan diberikan apresiasi.

Agar dapat menjangkau wilayah lebih luas, Astra melaksanakan beberapa strategi, salah satunya sayembara dalam pemilihan calon KBA, yang meliputi Provinsi Sumatera Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Lampung, Nanggroe Aceh Darussalam, Jambi, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Gorontalo, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Tengah, dan Papua Barat.

Pada tahap bintang 5 kencana, masyarakat diharapkan sudah mandiri dalam meningkatkan kualitas kehidupan dengan melaksanakan kegiatan pengembangan di bidang pendidikan, kewirausahaan, lingkungan dan kesehatan.

Penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia Award 2016 Zainul A

Kampung diharapkan sudah menjadi ikon kota/pusat edukasi & wisata terkait dengan keberhasilannya dan prestasi dari berbagai pilar-pilar yang telah dibina tersebut. Sinergi pemerintah dan Astra dalam hal ini harus tetap dan terus menjaga komunikasi yang baik kepada masyarakat sehingga dampak dari keberhasilan yang telah dicapai dapat meluas.

Berikut di bawah ini persyaratan Kampung Berseri Astra KBA:
1.    Memiliki potensi lokal yang kuat dan menjadi salah satu target kampung yang akan dikembangkan oleh Pemerintah setempat dalam bidang Pendidikan/ Kewirausahaan/ Lingkungan / Kesehatan
2.    Memiliki keunggulan dan keunikan di wilayahnya sebagai kampung Hijau/Wisata /Budaya/Produktif/ Cyber
3.    Memiliki tokoh penggerak di wilayah kampung tersebut yang dapat mendukung pelaksanaan program di masyarakat.
4.    Tidak ada permasalahan administrasi dan hukum mengenai tanah maupun bangunan di wilayah tersebut
5.    Wilayah tersebut tidak dalam rencana jangka panjang pemerintah pembangunan / pengalihan lahan / penggusuran
6.    Bersedia menjalankan program Kampung Berseri Astra secara keberlanjutan.
7.    Kampung yang diusulkan bukan merupakan binaan perusahaan lainnya.

Strategi pengembangan Kampung Berseri Astra digambarkan melalui beberapa tahapan

(webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya