Mengenal Kecanggihan Kunci Immobilizer

Kunci immobilizer
Sumber :
  • mikecalverttoyota

VIVA – Kunci immobilizer kini banyak dipakai sebagai fitur standar mobil keluaran baru. Desain kunci dibuat lebih menarik, dan paling penting adalah kunci jenis ini lebih canggih dari kunci mobil konvensional.

Pencurian Mobil Bisa Dicegah Pakai Kaleng, Ini Caranya

Dengan immobilizer, berarti kunci dilengkapi sistem enkripsi elektronik, yang dirancang agar hanya kunci itu saja yang bisa dipakai untuk menghidupkan mesin.

Pada kunci ini disematkan pemancar serta penerima gelombang jarak pendek. Gelombang dikirim dan diterima kunci ke sistem serupa yang ada di dalam engine control unit atau ECU.

Bukan Cuma Mobil Baru, Ini Strategi Wuling Layani Konsumen di RI

Meski cara kerjanya mirip dengan alarm mobil biasa, namun immobilizer memiliki tambahan berupa enkripsi. Jadi, sinyal yang dikirim dan diterima diacak, dan hanya bisa diterjemahkan ke alat yang menjadi pasangannya saja.

Dengan adanya sistem immobilizer, apakah itu berarti mobil aman dari tindak pencurian?

Selain Punya Perintah Suara, Mobil Wuling Bakal Lebih Canggih

General Repair Service Manager Toyota Astra Motor, Iwan Abdurahman mengatakan, sistem immobilizer adalah perangkat keamanan yang paling canggih saat ini.

"Pasti susah dibobol. Karena ya itu tadi, kalau kunci tidak dikenali oleh mobil, mesin enggak bakal hidup. Paling cuma starter doang," kata Iwan kepada VIVA.

Dengan teknologi yang lebih canggih tersebut, kata Iwan, pemilik mobil diharapkan bisa lebih memperhatikan kondisi kunci mobilnya, mulai dari sistem kerja hingga posisi menaruh kuncinya.

"Yang harus diperhatikan oleh pemilik, dijaga biar enggak hilang, simpan kunci serep dengan aman. Terus, pastikan fungsinya normal semua," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya