Video Ujian Praktik Ini Bikin Pemilik SIM Tembak Minder

Ujian praktik SIM Sepeda Motor
Sumber :
  • Screenshot Instagram

VIVA –Mengemudi sepeda motor, kini menjadi pilihan masyarakat di Tanah Air dalam beraktivitas harian. Seperti mengendarai kendaraan bermotor lainnya, pengendaranya harus memiliki Surat Izin Mengemudi alias SIM, agar legal di jalan raya.

Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

Untuk memiliki SIM sepeda motor, masyarakat harus mengikuti tes kesehatan, ujian tertulis, serta praktik berkendara. Kemahiran mengendarai kendaraan roda dua itu, bisa terlihat ketika melaju mengikuti lajur angka delapan.

Dalam tes berkendara membuat SIM C, peserta harus bisa berkendara mengikuti dua jalur lingkaran sempit menyerupai angka '8', tanpa menurunkan kaki. Selain itu, pengendara motor tak boleh menyenggol atau menjatuhkan pembatas yang dipasang.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Jika turun kaki, atau bahkan menyenggol pembatas yang ada di jalur ujian, maka pemohon akan dianggap gagal. Jika sudah begini, harus melakukan ujian ulang yang jadwalnya ditentukan kemudian.

Baca juga: Sedan BMW M5 Dipakai Kebut-kebutan Tanpa Pintu di Gang Sempit

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Ujian praktik SIM memang dianggap sulit bagi sebagian besar pemohon. Namun, ada saja pengendara yang bisa melewati proses ini secara mulus. Salah satunya ada di video yang diunggah akun @makassar_iinfo di media sosial Instagram.

Rekaman gambar memperlihatkan seorang pria, dengan santai mengendarai sepeda motor matik di jalur uji praktik SIM. Dia berhasil melewati trek '8', tanpa menurunkan kaki, maupun menyenggol pembatas yang ada.

Video singkat ini kemudian menjadi sorotan warganet. Ada yang fokus dengan latar musik yang dipasang, memuji keberhasilan melewati ujian tersebut, sampai merasa minder karena tak pernah berhasil di ujian yang sama.

"Sim tembak terenyuh melihat ini," komentar @yoshuazarya di unggahan tersebut. "Buka gas, pas belok gasnya ditahan sambil mainin rem aja," tulis @alfingrh di unggahan tersebut. "Banyak yang punya SIM, ndak di tes kek gini. Langsung jadi," komentar akun @arwandualangi meramaikan unggan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya