Ternyata Mendiang Gandhi Juga Gemar Tunggangi Mobil Mewah

Ford Model T
Sumber :
  • ndtv

VIVA.co.id – Pada 2 Oktober lalu, seluruh India merayakan kelahiran sosok mendiang Mohandas Karamchand Gandhi atau yang lebih dikenal dengan Mahatma Gandhi. Nah, sosok yang berjasa memperjuangkan memerdekakan India ini rupanya juga punya beberapa kendaraan favorit semasa hidupnya.

Nathuram Godse: Misteri Pembunuh Mahatma Gandhi dan Partai Berkuasa

Ya, Mahatma Gandhi memang punya beberapa kendaraan yang digunakan untuk mengelilingi India. Meski dikenal sebagai sosok bersahaja dan tak materialistik, namun siapa sangka jika Gandhi sebenarnya memiliki koleksi beberapa mobil mewah atau paling tidak pernah mencicipi kenyamanannya.

Jenderal TNI yang Ingin Bubarkan FPI, Mobilnya Indonesia Banget

Dilansir ndtv, Rabu 4 Oktober 2017, salah satu mobil mewah yang dimiliki Gandhi adalah Ford Model T. Perlu diketahui, mobil ini menjadi salah satu ikon dalam sejarah otomotif. Mobil ini pernah beberapa kali digunakan Gandhi di beberapa acara. Namun setelah Gandhi meninggal, mobil ini akhirnya dimiliki kolektor mobil antik di India.

Kerennya Mobil dan Motor Menkes Terawan

Mobil mewah kedua yang pernah ditunggangi Gandhi adalah Packard 120 yang kabarnya dimiliki Ghanshyam Das Birla, seorang pengusaha sukses di India. Dalam beberapa kesempatan di awal tahun 1940an, mobil ini sering mondar-mandir mengantar Gandhi.

Dan mobil ketiga yang pernah menjadi tunggangan favorit Gandhi adalah Studebaker President. Mobil ini digunakan Mahatma Gandhi selama ia menjalani tour ke Karnataka sebelum India merdeka. Sebagai catatan, generasi pertama dari mobil ini dibuat mulai dari tahun 1926 hingga 1933. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya