Betapa Canggihnya Jip Tempur Lokal yang Dipakai Jokowi

Jip tempur P6 ATAV buatan lokal.
Sumber :
  • Biro Setpres Istana

VIVA – Baru-baru ini Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berkunjung ke Markas Besar TNI di Cilangkap, Jakarta Timur. Ada pemandangan menarik saat Jokowi tiba di sana.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Sesampainya di depan gerbang, Jokowi berpindah mobil, dari kendaraan yang biasa ia pakai menjadi jip tempur. Mobil taktis militer itu memang sengaja disediakan TNI untuk membawa orang nomor satu di Indonesia itu untuk masuk ke dalam gedung.

Berdasarkan foto yang dirilis Biro Sekretariat Presiden, Jokowi nampak duduk di kursi sebelah kiri sopir. Turut serta mendampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di belakangnya. Mobil militer yang ditumpangi Jokowi juga terlihat dikawal lima jip serupa.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Lantas, kendaraan apa sebenarnya yang dipakai Jokowi? Mobil taktis itu ternyata bernama P6 ATAV (All Terrain Assault Vehicle). Kendaraan militer tersebut ternyata buatan dalam negeri. Kendaraan taktis itu dikerjakan di bawah arahan perusahaan swasta dalam negeri bernama PT Sentra Surya Ekajaya. PT SSE sendiri bermarkas di Tangerang, Banten.

P6-ATAV, kendaraan taktis buatan Tangerang.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Nama P6-ATAV sempat menjadi perbincangan hangat setelah turut serta dalam upacara hari ulang tahun TNI Ke-72, 5 Oktober 2017 lalu. Bahkan, Rantis ini juga sempat mengantarkan Presiden Jokowi saat melakukan inspeksi pasukan dalam acara HUT TNI tersebut.

Apa Istimewanya?

P6-ATAV memiliki dimensi lebar. Tak ada pintu untuk akses masuk dan ke luar. Wujudnya nampak gagah dengan kombinasi rangka tubular dan bahan bodi yang dibuat khusus.

Rantis P6-ATAV memiliki dimensi panjang 4,6 meter, lebar 2,3 meter, dan tinggi 1,5 meter. Bobotnya hanya sekira dua ton, sehingga membuatnya mudah untuk diangkut ke medan perang. Demikian seperti dikutip situs resmi TNI.

P6-ATAV, kendaraan taktis buatan Tangerang.

Memiliki DNA sebagai mobil milter, P6-ATAV memiliki bodi yang tahan untuk terjangan peluru. Untuk menyerang, mobil ini juga dilengkapi dengan dudukan senjata meliputi upper gun mounting dan side gun mounting.

Jantung penggeraknya berasal dari mesin turbo diesel empat silinder berkapasitas 2.300cc yang memiliki tenaga 142 daya kuda pada putaran mesin 3.400 RPM. Mesin dikombinasikan dengan transmisi otomatis, dan membuat mobil ini mampu meluncur dalam kecepatan maksimum 120 kilometer per jam.

Mobil militer ini juga dirancang untuk memiliki kemampuan untuk berjalan di trek nonaspal (off road).

P6-ATAV memiliki tangki bahan bakar dengan volume total 120 liter, saat terisi penuh, P6-ATAV mampu bergerak sejauh 500 km. Kini P6-ATAV dipakai sebagai salah satu andalan pasukan elite TNI AD Kopassus. Selain Kopassus, juga digunakan beberapa satuan TNI, seperti Detasemen Bravo (Satbravo 90) Paskhas TNI AU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya