Datsun Mulai Jujur soal Cross: Jok Belakang Sempit

Datsun Cross
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Datsun punya produk baru bernama Cross yang resmi meluncur di Indonesia baru-baru ini. Usai debut, Datsun Cross pun cukup sukses menyita perhatian. Sebab selain bentuknya yang futuristik pada bagian depan, Cross juga sudah dikaruniai sederet fitur-fitur canggih, seperti Vehicle Dynamic Control dan Antilock Braking Sistem.

Gagah, Ini Wujud Mobil Baru Nissan yang Pakai Grille Mirip Datsun

Karena itu pula Datsun lalu menempatkan Cross sebagai produk non-Low Cost Green Car (LCGC), dan dijual dengan harga Rp163 juta untuk manual serta Rp175 juta untuk versi matik.

Tetapi ada yang menarik disimak. Meski mengusung genre crossover, namun Cross masih menawarkan jok tiga baris. Beberapa waktu lalu VIVA sempat mencoba duduk di bangku baris ketiga Datsun Cross. Hasilnya, dengan tinggi 170 cm, ruang kaki dan kepala terbilang sangat tak manusiawi.

Begini Perkiraan Wujud Mobil Baru Nissan yang Pakai Ciri Khas Datsun

Sebab tidak ada ruang gerak, bahkan kepala harus ditundukkan jika duduk di baris ketiga. Kami pun mengambil kesimpulan Cross mengusung 5+2, bukan tujuh penumpang.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Eiichi Koito, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia mengakui, baris ketiga pada Datsun Cross memang bukan untuk penumpang dewasa. Kata dia, baris ketiga cocok untuk penumpang yang memiliki tinggi badan di bawah 159 cm.

Meski Gak Produksi Mobil Lagi di RI, Datsun Masih Punya Satu Janji

"Kalau Calya-Sigra konsepnya berbeda, dia lebih luas dan segmennya juga berbeda. Makanya Cross single AC, itu cukup untuk baris pertama dan kedua. Kami mengubah volume blower AC jadi lebih besar," ujarnya saat ditemui di diler Nissan-Datsun Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan.

Datsun memang sadar dengan kondisi pada baris ketiganya. Karena pada brosur, merek di bawah Nissan ini sudah mewanti-wanti tidak disarankan penumpang dewasa duduk di baris ketiga.

"Pada bangku baris ketiga tidak disarankan untuk penumpang dengan tinggi lebih dari 159 cm," sebut Datsun dalam brosur-brosur Cross.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya