Etios Valco Pensiun, Bagaimana Jaminan Suku Cadangnya?

Toyota Etios Valco versi facelift
Sumber :
  • Dok: Toyota Astra Motor

VIVA – Beberapa waktu lalu PT Toyota Astra Motor resmi menghentikan penjualan mobil Etios Valco. Alasannya, karena city car tersebut memiliki sedikit peminat dan kini sudah tidak lagi diproduksi di Indonesia.

Begini Jadinya Jika Pemula Nyetir Mobil Sport Toyota

Hal ini tentu membuat pertanyaan, bagaimana ketersediaan suku cadangnya? Mengingat masih banyak pemakai Etios Valco di Indonesia.

Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, TAM sebagai agen pemegang merek Toyota di Tanah Air berjanji tetap menyiapkan suku cadangnya kendati produk itu sudah tidak lagi dijual di Indonesia.

50 Tahun Kiprah di Indonesia, TAM Hadirkan Toyota GAZOO Racing

"Sparepart jelas kami masih siapkan untuk Etios Valco. Bahkan mobil-mobil yang dibeli bukan dari ATPM, atau katakanlah dari importir umum pun kami layani ketersediaan sparepart-nya," kata Soerjo kepada VIVA, Minggu 4 Februari 2018.

Soerjo mengatakan, TAM memiliki divisi khusus untuk memantau ketersediaan suku cadang. Sehingga pengguna mobil Toyota di Tanah Air tak perlu khawatir akan suku cadang mobilnya, baik yang masih dijual ataupun sudah berstatus 'discontinue' seperti Etios Valco.

Toyota Bongkar Rahasia Peluncuran Avanza

"Pertanggungjawaban kami bukan hanya soal siapa yang menjual, tetapi customer yang memiliki brand Toyota. Jadi bagian suku cadang pasti juga sudah perhitungkan jika satu mobil tidak dijual maka akan tetap ada," kata dia.

Bicara soal waktu, Soerjo tak menampik jika ada komponen-komponen mobil yang harus dipesan terlebih dahulu. "Jadi memang ada yang slow dan fast. Tapi konsumen mobil Etios misalnya, tinggal datang ke bengkel resmi kami, kalau barang misalnya belum ready ya pesan dulu, nanti bengkel resmi yang siapkan," kata dia. (mus)

New Kijang Innova

Kian Menawan, Ini Tampilan Eksterior dan Interior New Kijang Innova

New Kijang Innova disematkan oleh beberapa fitur dan tampilan baru oleh PT Toyota-Astra Motor yang membuatnya lebih premium dan tough.

img_title
VIVA.co.id
29 November 2021