Hasil Uji Tabrak Xpander Akhirnya Terungkap

Uji tabrak Xpander.
Sumber :
  • ASEAN NCAP

VIVA – Mitsubishi belum lama ini merilis produk baru yang cukup banyak diserap konsumen di Tanah Air. Mobil itu yakni jenis kendaraan keluarga tujuh penumpang, Xpander.

Uji Tabrak Mobil Tidak di Kecepatan Tinggi, Ini Alasannya

Selang beberapa waktu, uji tabrak terbaru kemudian digelar ASEAN NCAP terhadap pesaing Avanza itu. Hasilnya, dari lima bintang nilai sempurna, Xpander mendapat empat bintang dengan total 71,66 poin.

Rinciannya, untuk perlindungan penumpang dewasa Xpander mendapat 39,08 poin. Sementara perlindungan penumpang anak-anak mendapat 18,69 poin. Sedangkan fitur pendukung keselamatan mendapat 13,89 poin.

Penuhi Standar Regulasi, Produksi Mobil Daihatsu Indonesia Berjalan Normal

ASEAN NCAP sengaja melakukan pengetesan terhadap Xpander mengingat mobil itu tak cuma diniagakan di Indonesia saja, namun juga di ASEAN.

Seperti dilansir Paultan, Selasa 6 Februari 2018, pengujian melibatkan varian standar transmisi manual GLS. Varian itu tercatat sudah dijejali dua kantung udara alias airbag untuk sopir dan penumpang depan. Model ini dipertimbangkan mendapat pengujian karena selain Indonesia, GLS manual juga turut dijual di Thailand dan Filipina. Model ini juga tercatat akan hadir di Malaysia tahun ini.

Terpopuler Otomotif: Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Review MINI Countryman

Sesuai Harapan

Hasil ini tentu menjawab pertanyaan sebagian kalangan terhadap keselamatan Xpander. Sebelumnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengaku Xpander telah melakukan uji tabrak.

Uji tabrak digelar secara internal sebelum dilakukan oleh ASEAN NCAP. Kendati demikian MMKSI tak menjelaskan bagaimana rincian lebih lanjut.

Head of Sales and Marketing Group PT MMKSI Imam Choeru Cahya kepada VIVA, beberapa waktu lalu mengatakan, hasil uji tabrak yang telah mereka lakukan sudah sesuai ekspektasi Mitsubishi. "Pastinya sudah," kata Imam. "Hasilnya sudah sesuai dengan principal standarisasi," lanjutnya.

Pernyataan ini melengkapi apa yang pernah disampaikan Chief Product Specialist Product Strategy Division Mitsubishi Motors Corporation Takaaki Kishi. Kata Kishi saat itu, uji tabrak sudah dilakukan di kalangan internal Mitsubishi.

Uji tabrak, kata dia, dilakukan di fasilitas riset dan pengembangan milik Mitsubishi di Okazaki, Aichi, Jepang. Namun dia juga tak menyebut berapa bintang yang didapat Xpander.

Lihat video uji tabrak Xpander di bawah ini:

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya