Pertamina Ketar-ketir dengan Ancaman Kendaraan Listrik

Ilustrasi SPBU Paloh Sukseskan BBM Satu Harga di Daerah Terluar
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – PT Pertamina sebagai badan usaha milik negara (BUMN) mengisyaratkan bakal terancam dengan perkembangan mobil listrik yang semakin pesat. Sebab, sebagai perusahaan penyedia minyak bumi, Pertamina tentu akan menjadi pihak yang paling dirugikan.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Senior Vice President Research and Technology Center Pertamina, Herutama Trikoranto, mengatakan, perseroan harus realistis dengan perkembangan zaman dan teknologi. Kata dia, teknologi yang akan berkembang ini sejalan dengan kesadaran global mengenai pelestarian lingkungan mengurangi emisi.

“Sehingga penggunaan fossil fuel terutama dan sumber-sumber energi lain tentunya akan berkurang. Kalau bagi Pertamina sih, kami harus mengikuti perkembangan industri global. Apakah ini suatu ancaman? Di satu sisi mungkin begitu,” ujarnya saat acara Nissan Futures di Singapura.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Menurutnya, andai nanti permintaan minyak berkurang karena masuknya elektrifikasi karena alat transportasi, di masa depan tentunya Pertamina harus memikirkan crude yang dimiliki dan mau diapakan nantinya. Kondisi itu yang juga sudah dipikirkan Pertamina.

“Kalaupun nanti akan berkurang, masih bisa kami manfaatkan (minyak bumi) untuk sesuatu yang lain, terutama adalah industri petrokimia. Indonesia ini sudah masuk negara industri tetapi kebutuhan petrokimianya masih impor,” katanya.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Oleh sebab itu, kata dia, Pertamina harus bisa memanfaatkan energi yang dapat dikembangkan dari minyak mentah.

Opportunity yang lain, Pertamina sebagai energy company, menyediakan energi untuk transportasi. Tentunya ke depan dengan hadirnya kendaraan-kendaraan listrik, kami tetap ingin berperan sebagai penyuplai energi juga,” katanya.

Mobil listrik bZ3C

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Toyota meluncurkan dua mobil listrik terbarunya, yakni Toyota bZ3C dan Toyota bZ3X. Saudara dari mobil listrik bZ4X tersebut diluncurkan pada ajang Beijing Auto Show 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024