65% Produksi Pabrik Daihatsu Dipakai untuk Bikin Toyota

Maket pabrik Astra Daihatsu Motor Sunter.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA – Mobil yang diproduksi PT Astra Daihatsu Motor ternyata bukan hanya berasal dari merek Daihatsu, tetapi juga Toyota. Saat ini, ratusan ribu mobil sudah lahir dari pabrik Daihatsu di Tanah Air.

Mobil Rp130 Jutaan Ini Laku Keras Menjelang Lebaran

Wakil Presiden Direktur ADM, Sudirman Maman Rusdi, mengatakan, saat ini kapasitas produksi mobil di pabrik ADM sudah mencapai lebih dari 90 persen.

"Kapasitas terpasang dua shift tanpa overtime itu 530 ribu unit mobil per tahun. Tahun lalu, kami produksi 506 ribu unit. Tahun ini, Gaikindo memprediksi 1,075 atau 1,1 juta (unit kendaraan dijual)," kata Sudirman di Jakarta.

Mobil Termurah di Indonesia Punya Segudang Fitur

Ia menjelaskan, 506 ribu unit mobil diproduksi ADM untuk kebutuhan domestik maupun ekspor. Dari jumlah tersebut, nantinya dibagi untuk dua merek, yakni Toyota dan Daihatsu.

"Tahun lalu kan kami produksi 506 ribu untuk Daihatsu dan Toyota di pabrik ADM. Tahun ini juga mungkin sekitar 510-520 ribu unit lah, kita lihat pasarnya. Merek Toyota itu sekitar 60 sampai 65 persen, sisanya Daihatsu," kata dia.

Daihatsu Ungkap Karakter Pemilik Mobil Buatan Mereka

Produk mobil Toyota yang diproduksi oleh Daihatsu yakni Avanza, Agya, Calya, dan Rush.

Pabrik mobil listrik BYD

China Serang Balik Kritikan Amerika Serikat soal Produksi Mobil Listrik yang Berlebihan

China membalas kritikan Amerika Serikat perihal produksi mobil listrik asal Negeri Tirai Bambu tersebut yang dinilai berlebihan & melebihi permintaan domestik dan ekspor.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024