Honda Siap Bawa Mobil Turbo ke Indonesia

Mesin turbo. Ilustrasi
Sumber :
  • Motortrends

VIVA – Merespons tren mobil bermesin turbo di sejumlah negara berkembang, PT Honda Prospect Motor atau HPM, selaku agen tunggal pemegang merek mobil siap melengkapi deretan kendaraannya dengan menyematkan mesin turbo.

HR-V Baru Siap Hadir! Gimana Nasib SUV RS Calon Pesaing Raize

Namun, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, Jonfis Fandy mengaku, perusahaannya hingga saat ini belum memikirkan mobil apa yang akan dilengkapi dengan mesin turbo.

"Ke depan, turbo akan menjadi andalan karena semua negara sudah mengarah ke sana (mesin turbo)," kata Jonfis kepada wartawan, Jumat 16 Februari 2018. 

Mobil Buatan Indonesia Bakal Jadi Sorotan Dunia Bulan Depan

Pada pertengahan 2017 di Detroit, Amerika Serikat, Honda Motor meluncurkan generasi terbaru dari sedan menengah pabrikan tersebut yaitu Accord bermesin turbo. Namun, menurut Jonfis, perusahaannya belum berencana meluncurkan Accord turbo dalam waktu dekat.

"Belum (Accord mesin turbo dibawa ke Indonesia). Makanya kami duluan dulu, berapa tipe kami belum bisa coba, tapi turbo akan hadir di konsumen Indonesia karena benefit-nya sangat tinggi," ujarnya.

Honda HR-V Terbaru yang Meluncur di Indonesia Pakai Mesin Turbo?

Sketsa Honda Accord 2018

Menurut dia, banyak keuntungan yang diperoleh kendaraan dilengkapi dengan mesin turbo. Tenaga yang dihasilkan akan lebih tinggi dengan mobil bermesin konvensional dan masalah biaya operasional.

"Running cost, torsi dan power jauh lebih besar. Kalau harganya mahal kan karena harga mesin naik, PPNBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah). Nanti akan kami pikirkan kompensasi di mana," kata dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya