Ongkos Servis Porsche Hitung per Jam, Jangan Heran Biayanya

Bengkel Porsche yang tengah lakukan perbaikan.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Harga supercar seperti Ferrari, Lamborghini, Porsche dan sekelasnya memang mahal sejak lahir. Maka jangan heran jika biaya perawatannya pun berbanderol fantastis.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Seperti halnya Porsche, selain harga suku cadang yang mahal, untuk jasa servis per-jamnya saja sekira Rp900 ribu. Lantas harus mengeluarkan kocek berapa jika melakukan perawatan berkala?

Christian Degraal, Service Manager Porsche Indonesia mengatakan, skema servis mobil Porsche yang pertama itu 15.000 kilometer atau satu tahun. Tapi, karena pemilik Porsche rata-rata jarang menggunakan mobilnya untuk harian, maka yang tercapai lebih dulu adalah waktunya.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

“Tahun pertama hanya ganti oli berikut filternya, biayanya Rp6,5 jutaan. Untuk tahun kedua yang diganti selain oli mesin dan filter oli, brake pad diganti dan biayanya Rp11,2 juta sudah termasuk pengecekan komponen lainnya, PPN dan jasa,” ujarnya kepada VIVA.

Lanjut dia, pada tahun ketiga tidak ada komponen yang diganti. Dan tahun ketiga ini biaya servisnya sama seperti tahun pertama yakni Rp6,5 jutaan, karena yang diganti hanya oli mesin dan filter oli. Nah, yang terbilang mahal itu ketika memasuki tahun keempat, di mana banyak suku cadangnya yang diganti.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

“Begitu masuk tahun keempat, dia masuk ke marger service, jadi penggantian oli dengan filternya, minyak rem, filter AC, penggantian busi, filter udara, dan pengecekan komponen lainnya, salah satunya oli transmisi. Biayanya Rp23 jutaan dan rata-rata empat tahun itu mobil konsumen juga belum mencapai 15 ribu kilometer,” tuturnya.

Sambung dia, meski mobil jarang dipakai, penggantian komponen tetap dilakukan. Sebab itu sudah menjadi standarisasi dari principal. “Semua komponen yang sudah masuk daftar penggantian harus diganti, karena itu sudah perintah dari principal untuk menjaga performa mobil agar tetap maksimal,” ujar dia.

Baca juga: Mahalnya Biaya Ganti Oli Mobil Porsche, Jangan Terkejut

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya