Toyota Siapkan Yaris Baru, Honda Jazz Masih Digdaya

Peluncuran Honda Jazz baru di Surabaya.
Sumber :
  • Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Agar menyaingi penjualan Honda Jazz di tanah air selama ini pemimpin pasar di kelas hatchback, PT Toyota Astra Motor atau TAM akan meluncurkan Yaris terbaru pada 20 Februari 2018, sebagai pilihan baru dengan desain yang cukup sporty. Persaingan Honda dan Toyota itu membuat menarik untuk diikuti siapa yang digdaya.

Mobil Baru Toyota Bensinnya 22 Km per Liter

Menurut data Gabungan Industri Kendaraaan Bermotor (Gaikindo), pada Januari 2018 saja penjualan wholesales Honda Jazz masih yang paling teratas, dengan catatan 1.195 unit, dan pangsa pasarnya 51 persen. Di posisi kedua ada Honda Civic Turbo hatchback yang sudah terjual 261 unit. 

Sedangkan dalam periode yang sama Toyota Yaris harus puas berada di posisi ketiga dengan catatan penjualan yang hanya 21 unit, sedangkan Yaris varian TRD Sportivo 1.5 AT terjual hanya dua unit, dan Yaris Heykers 1.5 AT terjual 19 unit.

Toyota Pamer Mobil Baru Penantang Honda Jazz

Jika dibandingkan dengan Desember 2017, penjualan Honda Jazz mencapai 1.207 unit, berarti mengalami penurunan jika dibandingkan dengan Januari 2018. Tapi, penjualan Civic hatchback tahun ini mengalami peningkatan, sebab pada Desember 2017 lalu hanya terjual 24 unit.

Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, mengatakan, penjualan model-model Honda di segmen hatchback memberikan kontribusi sebesar 10,7 persen dari total penjualan Honda pada bulan pertama 2018.

Suzuki Baleno Baru Meluncur, Harganya Lebih Murah dari Honda Brio

Toyota Yaris baru

“Lebih penting lagi, produk-produk Honda di segmen ini juga termasuk yang mengalami peningkatan penjualan yang paling signifikan dibanding bulan sebelumnya. Kami percaya penjualan produk-produk hatchback Honda di awal tahun ini akan menjadi modal yang baik untuk bulan-bulan mendatang,’ ujarnya dalam siaran pers yang diterima VIVA, Minggu 18 Februari 2018.

Sebagai informasi, sepanjang Januari 2018, sebanyak 2.349 unit mobil di segmen hatchback terjual di Indonesia atau sekitar 2,5 persen dari total penjualan mobil yang ada di semua kelas yang mencapai 95.892 unit dalam periode yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya