Penjualan Sienta Disalip Wuling, Apa Kata Toyota?

Produksi Sienta di Karawang Plant 2.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA – Toyota Sienta menjadi salah satu produk mobil keluarga yang ditawarkan di Tanah Air. Meski demikian, penjualan mobil ini tak sebanyak mobil keluarga lainnya. Bahkan pada Januari 2018, penjualan wholesales --dari pabrik ke diler— nya kecil hanya 76 unit dan langsung disalip pendatang baru Wuling Cortez.

Setelah Voxy, Toyota Sienta Baru Siap Mengaspal Agustus 2022?

Hal itu terlihat dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Diketahui Sienta dan Wuling Cortez sama-sama masuk dalam kelas medium multi purpose vehicle (Medium MPV). Angka 76 unit tentu saja turun jauh dari periode yang sama tahun lalu, yakni 1.766 unit.

Menanggapi hal tersebut, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, angka tersebut benar adanya. "Angka wholesales memang benar itu, tetapi kan harus lihat retail sales juga. Penjualan dari diler ke end customer itu 795 unit," kata Soerjo saat dihubungi VIVA.

Belasan Ribu Mobil Canggih Beredar di Indonesia

Soerjo mengatakan, penjualan wholesales Toyota Sienta yang tak menyentuh angka 100 unit adalah sesuatu yang wajar. Hal ini dilakukan untuk mencegah penumpukan stok produk mobil keluarga pintu geser ini di diler resmi Toyota.

"Artinya, kami melakukan adjustment agar stok di diler tidak terlalu banyak atau bahkan menumpuk. Itu hukum demand dan supply yang normal. Supaya stok juga enggak berlebihan. Jadi begitu kondisi real-nya," kata Soerjo.

Kian Menawan, Ini Tampilan Eksterior dan Interior New Kijang Innova

Di kelas medium MPV, Sienta bersaing dengan beberapa model lainnya, seperti Toyota Innova dengan penjualan pada Januari 2018 mencapai 4.553 unit, Wuling Cortez 372 unit, Nissan Grand Livina 320 unit, Isuzu Panther 90 unit, dan Kia Grand Sedona delapan unit.

Berikut data penjualan Medium MPV per Januari 2018:

- Toyota Kijang Innova - 4.553 unit
- Wuling Cortez - 372 unit
- Nissan Grand Livina - 320 unit
- Isuzu Panther - 90 unit
- Toyota Sienta - 76 unit
- Kia Grand Sedona - 8 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya