Balada Mobil Mewah, Biaya Ganti Kampas Rem Saja Rp10 Juta

Bentley yang akan digunakan sebagai shuttle.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Kampas rem atau brake pad merupakan salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan. Sebab tugas utamanya untuk pengereman. Jika kondisi kampas kurang baik, pengereman tidak akan maksimal, terlebih mobil bertenaga besar seperti Bentley.

Cuma Rp170 Ribu, Apa Sih Kelebihan dari Kampas Rem Bosch?

Aftersales Manager Bentley Indonesia Agus Sugianto mengatakan, meski kebanyakan mobil Bentley jarang dipakai pemiliknya, namun penggantian kampas wajib dilakukan tiap tiga tahun. Walaupun kampas masih tebal. Sebab bukan jaminan kampas tebal bikin pengereman tetap maksimal.

“Mobil Bentley yang sering dipakai saja selama tiga tahun kampasnya masih tebal, karena umurnya baru sekitar 40 ribu kilometer. Tapi kita tetap mensiasatinya, harus ganti. Karena dalam rentang tiga tahun kampas rem itu bisa keras,” ujarnya kepada VIVA.

Cara Tahu Kampas Rem Motor Sudah Habis

Dia juga menyebut, bahan baku kampas rem sebenarnya mudah berubah dan jika sudah keras kampas akan retak-retak. Apabila terus dipaksakan bakal memakan disc brake. Sementara biaya untuk mengganti disc brake lebih mahal ketimbang kampas.

“Kalau Bentley sekalinya ganti kampas itu sekitar Rp5,5 juta untuk depan dan belakang Rp4,5 jut (Rp10 juta). Untuk depan itu kalipernya 12 piston, kalau belakang sekitar enam piston. Sementara satu disc (Bentley) harganya bisa Rp20 jutaan,” tuturnya.

Sambut Era Elektrifikasi, Bentley Pensiunkan Mesin Mobil Legendarisnya

Baca juga: Penasaran, Berapa Sih Harga Satu Busi Mobil Bentley?

Rem tangan.

Dampak Buruk Lupa Turunkan Rem Tangan Mobil

Rem tangan adalah salah satu fitur yang ada di mobil, dan berfungsi menjaga supaya kendaraan tidak bergerak

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022