Biang Celaka Supir Truk, Merasa Diri Superman

Sebuah truk boks terguling di Jalan Raya Bogor, sekitar depan pintu keluar Tol Cijago, Depok, Jawa Barat, pada Senin pagi, 18 Desember 2017.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA –  Anda sering mendengar truk kecelakaan, entah masalah rem yang blong, terguling karena berlebihan muatan dan lainnya. Kenapa truk sering kecelakaan?

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Menurut Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia atau Aptrindo, penyebab kecelakaan truk itu didominasi karena supir mengantuk.

Wakil Ketua Aptrindo Bidang Distribusi dan Logistik, Kyatmaja Lookman mengatakan, kecelakaan paling banyak truk di Indonesia itu karena supir mengantuk. Menurut dia, karena pengetahuan soal defensive driving masih kurang, maka beberapa supir truk banyak yang memaksakan diri.

Soal Kasus Penabrakan, Teuku Rifnu Wikana dan Keluarga Pilih Jalur Damai

"Misalnya, dia sudah ngantuk dan merasa dirinya seperti superman, minum kopi dan lain-lain. Padahal badan dia memang butuh istirahat. Makannya saya sering melihat kecelakaan karena ngantuk, supir tidak bisa manajemen waktu yang bagus. Dan masalah lainnya, karena keterbatasan infrastruktur," ujarnya di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu 3 Maret 2018.

 Truk dan bus yang terlibat kecelakaan maut di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Selain karena mental ‘superman’, Kyatmaja mengatakan, musabab kecelakaan truk karena pengetahuan supir soal safety driving atau defensive driving masih sangat kurang. Menurutnya, pelatihan economic driving juga perlu, agar yang punya usaha mengeluarkan biaya sesuai, seperti bahan bakar yang sesuai perhitungan, dan waktu pergantian ban.

"Karena sering sekali supir truk berkendara agresif atau gas poll, dia lupa kalau sedang bawa truk yang mengangkut barang yang jumlahnya 25 ton lebih misalnya. Nah kalau salah sedikit habis (terguling). Itu yang perlu kita luruskan, makannya manajemen waktu sangat penting, waktu istirahat, mindset dan behavior." (mus) 

Kecelakaan helikopter militer di Malaysia, 10 orang tewas

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Dua helikopter militer Malaysia bertabrakan di udara dan jatuh saat sesi latihan pada hari Selasa, 23 April 2024. 10 orang dilaporkan tewas

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024