Bursa Mobkas Hadir di Karawang karena Banyak Petani Tajir

Deretan mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • Yasin Fadilah

VIVA – WTC Mangga Dua sebagai bursa mobil bekas terbesar di Asia Tenggara, baru saja melebarkan sayapnya ke Karawang, Jawa Barat.

Stasiun Whoosh di Karawang Belum Beroperasi, Erick Thohir Ungkap Penyebabnya

Ada alasan khusus, mengapa daerah yang didominasi oleh sawah dan pabrik ini dipilih untuk menjual mobil bekas.

Manajer Senior Bursan Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, mengatatakan, Karawang salah satu daerah yang mempunyai lumbung padi terbesar. Kata dia, petani di sana kaya-kaya, dan mereka adalah potensi pasar terbesar.

Viral Tukang Parkir Liar Minimarket Getok Tarif Rp 15 Ribu buat THR

“Petani di sana kaya-kaya, di daerah sana Pak Haji tajir-tajir. Lumbung padi nasional kita paling gede daerah Karawang, otomatis hasil bumi di situ bagus,” ujarnya saat dihubungi VIVA, Rabu 7 Maret 2018.

Selain hasil bumi, daerah Karawang dipilih sebagai pasar mobil bekas karena pergerakan industri pabriknya juga sangat pesat.

Satu Jenazah Korban Kecelakaan KM 58 Tol Cikampek Teridentifikasi Wanita asal Bogor

Sehingga, upah minium para karyawan cukup besar. “Di situ (Karawang) UMR tertinggi di Indonesia,” katanya.

“Yang membuat saya percaya diri pasar mobil bekas banyak peminatnya di Karawang, karena pabrik dari Bekasi sampai Cikampek, pabrik terbanyak itu di Karawang. Daya belinya sangat luar biasa,” katanya menambahkan.

Terkait dengan panen padi yang biasanya tiga bulan sekali, Herjanto mengaku belum bisa mengatur cara pembayaran kredit seusai panen padi.

“Kalau bayar cicilan tiga bulan sekali enggak bisa. Kami terikat dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), jadi enggak bisa seenaknya buat aturan sendiri,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya