Benarkah Avanza-Xenia Mulai Goyah di Pasar Mobil Bekas

Penjualan mobil bekas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA – Sejak hadirnya Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander, pasar low multi purpose vehicle (MPV) semakin ketat. Bahkan dengan hadirnya kedua mobil tersebut, penjualan mobil bekas nampak tergerus.

Begini Posisi Kaki Kiri yang Benar Saat Nyetir Mobil Matik, Harus Tahu

Herjanto Kosasih, Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan, memang sejak hadirnya Wuling dan Xpander penjualan mobil keluarga lain agak berkurang. Tetapi itu hanya terjadi di wilayah perkotaan seperti Jakarta, sebab di daerah mobil seperti Avanza-Xenia masih tetap mendominasi.

“Kalau di daerah peminat mobil bekas masih banyak Avanza dan Xenia karena mobil sejuta umat masih bagus di daerah penjualannya sebagai mobil keluarga, masih banyak yang mau beli,” ujarnya saat dihubungi VIVA, Rabu, 7 Maret 2018.

Toyota Jual Lebih dari 81 Ribu Avanza Baru di Indonesia

Kata Herjanto, karakter orang daerah berbeda dengan masyarakat perkotaan. Tak cuma soal model, namun hingga soal urusan transmisi. “Sebagai contoh, di daerah mobil manual lebih laris ketimbang mobil matik. Sementara di Jakarta kan matik yang lebih laku," kata dia.

Selera ini tak cuma soal transmisi, termasuk urusan power window. “Saya punya cerita, waktu itu di Sumatera ada konsumen tidak mau mobil sudah power window, maunya masih manual, agak sedikit aneh. Tapi begitulah faktanya,” sambungnya.

Meski Satu Aliansi, Livina Bisa 'Gugur' Lawan Xpander
Sentra penjualan mobil bekas.

Harga Mobil Bekas 2022, Honda Jazz Mulai Rp60 Jutaan

Mobil Honda Jazz versi bekas masih laris manis di pasaran.

img_title
VIVA.co.id
31 Oktober 2022