Avanza Terbaru Pakai Penggerak Roda Depan seperti Xpander?

Daihatsu DN Multisix, cikal bakal Avanza-Xenia terbaru. Ilustrasi.
Sumber :
  • Daihatsu Motor Co. Ltd

VIVA – PT Toyota Astra Motor belakangan tengah sibuk mempersiapkan produk barunya di Tanah Air. Mobil itu yakni Avanza dengan tampilan benar-benar berubah.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Perubahan Avanza memang dirasa perlu bagi Toyota, mengingat makin ketatnya persaingan di segmen low multi purpose vehicle. Apalagi semenjak kelahiran Mitsubishi Xpander di Tanah Air.

Namun Toyota sejauh ini masih menutup keran informasi rapat-rapat seputar perubahan mobil sejuta umat itu.

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

“Nah itu kondisinya sekarang. Kalau kita buat Avanza yang baru menjadi modern style, front whell drive (penggerak roda depan), karena mengikuti kompetitor, salah," kata Executive General Manager PT TAM, Franciscus Soerjopranoto kepada VIVA, Kamis 15 Maret 2018.

Daihatsu DN Multisix.

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Daihatsu DN Multisix, calon penerus Avanza-Xenia. Foto: Dok VIVA

"Kita enggak mau, karena itu salah. Tujuan kita melahirkan produk baru bukan karena kompetitor, tapi kebutuhan customer seperti apa,” ujarnya menambahkan.

Meski saat ini penjualannya mulai kalah laris dari Xpander, namun angka wholesales (pabrik ke diler) 6.000 unit yang dicatatkan Avanza pada Februari 2018 dianggap bukanlah angka yang kecil. Maka itu, Toyota tetap bersikukuh bakal mengakomodir kebutuhan fungsionalitas yang selama ini jadi kelebihan Avanza.

DN Multisix, Calon Generasi Penerus Avanza-Xenia

Daihatsu DN Multisix, calon penerus Avanza-Xenia. Foto: Dok VIVA

Namun bukan berarti Avanza tak berubah jadi lebih modern, karena Toyota berpikir akan mengakomodir dua-duanya; fungsional dan modern. "Jadi apakah penampilan, durability, aftersales, secara fungsional dengan rear wheel drive (penggerak roda belakang) kita masih uji." 

Baca juga: Toyota Siapkan Serangan Balik Buat Xpander

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya