Benarkah Mobil Ini Disiapkan Toyota untuk 'Bunuh' Xpander?

DN Multisix, Calon Generasi Penerus Avanza-Xenia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Toyota Astra Motor (TAM) boleh saja berkelit bahwa kehadiran Mitsubishi Xpander tak terlalu memusingkan mereka. Padahal, nyata Xpander kini telah sukses menyalip penjualan Toyota Avanza yang berkali-kali gagal ditumbangkan.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Ya, berdasarkan data penjualan dari pabrik ke diler, Xpander memiliki selisih 600-an unit lebih banyak dibandingkan penjualan Avanza. Selama Februari 2018, wholesales Xpander tercatat 7.400 unit. Sementara Avanza hanya laku 6.773 unit.

Kondisi ini membuat banyak kalangan mempertanyakan langkah Toyota untuk kembali membuat Avanza merebut singgasana mobil 'sejuta umat'. Salah satu kemungkinan adalah menghadirkan Avanza dengan model yang berubah total.

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

Hal itu juga dibenarkan Executive General Manager PT TAM, Franciscus Soerjopranoto.  “Kalau ditanya Toyota sedang mempersiapkan Avanza yang baru, jawabannya iya, kita siapkan,” kata Soerjo kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Nah, saat ini banyak yang mengaitkan Avanza baru ini dengan mobil konsep yang dipamerkan Astra Daihatsu Motor pada gelaran GIIAS 2017 lalu. Maklum, Avanza sendiri merupakan proyek kerja sama dengan Daihatsu lewat mobil Xenianya.

Mobil konsep yang dimaksud adalah DN Multisix yang punya tampilan gagah dan modern. Yang menjadi pertanyaan, benarkah mobil ini yang disiapkan sebagai senjata serangan balik Toyota untuk 'membunuh' Xpander?

Namun dalam beberapa kesempatan, baik petinggi Daihatsu maupun Toyota tampak enggan membenarkan rumor bahwa DN Multisix ini yang akan dipersiapkan menjadi penerus kehebatan Avanza-Xenia.

Pada hajatan Tokyo Motor Show (TMS) 2017 lalu yang juga dihadiri VIVA, General Manager Product Development Daihatsu Motor Company (DMC), Tadao Yokota telah membantah jika DN Multisix ini yang akan menggantikan Avanza.

"Bukan (pengganti Xenia-Avanza). DN Multisix lebih mahal dan besar. Mobil ini lebih mewah," kata Tadao Yokota saat itu.

Nah, jika DN Multisix bukan mobil yang dipersiapkan sebagai pengganti Avanza dan Xenia, lantas seperti apa sejatinya tampang Avanza terbaru? Hingga saat ini masih menjadi misteri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya