Ada Xpander, Daihatsu Pasrahkan Nasib Xenia

Daihatsu Xenia edisi terbatas meluncur di GIIAS 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami Kosasih

VIVA – Pasar mobil keluarga kasta terendah semakin ketat dengan kehadiran Mitsubishi Xpander. Kemunculannya mampu memikat masyarakat Tanah Air. 

Mobil Rp130 Jutaan Ini Laku Keras Menjelang Lebaran

Hanya dalam waktu enam bulan, Xpander berhasil menjadi mobil terlaris di Indonesia. Kendaraan yang dijuluki Small MPV ini terus dilirik sejak pertama diluncurkan Agustus 2017. 

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, mobil ini mengalahkan Toyota Avanza, yang selama ini merajai pasar mobil keluarga. Pada Februari 2018, Xpander terjual 7.400 unit. 

Mobil Termurah di Indonesia Punya Segudang Fitur

Sementara, mobil 'sejuta umat' itu menorehkan angka sebesar 6.773 unit pada periode sama. Tingginya permintaan Xpander juga menggoyahkan penjualan model lainya, termasuk Daihatsu Xenia. 

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, menanggapi hal ini. Menurut dia, munculnya berbagai produk baru dinilai memberikan beragam pilihan untuk masyarakat. 

Pengemudi Xpander Buat Ringsek Porsche Punya Masalah dengan Pemilik Showroom? Ini Kata Polisi

"Dari dulu saya bilang bagus (Mitsubishi Xpander)," kata Amelia di Sunter, Jakarta Utara, Kamis 15 Maret 2018. 

Mitsubishi Xpander

Ia memprediksi, kemeriahan terhadap Xpander akan berlangsung cukup lama. Alasannya, produk terbaru akan terus mendapat simpati dari masyarakat. 

"Karena MPV itu masih dream car-nya orang Indonesia," ujarnya. 

Amelia enggan berkomentar jauh terkait penjualan Xenia. Untuk wholesales, terdistribusi 2.529 unit dan retail 2.706 unit. Ia mengklaim rela akan gempuran yang dilakukan Xpander. 

"Ibarat tinju, kami terima saja ada bogem," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya