Kelebihan dan Kekurangan Pasang Head Unit Murah Asal China

tampilan dashboard All New KIA Sportage. Ilustrasi
Sumber :

VIVA – Pemutar musik atau head unit aftermarket yang ditawarkan semakin beragam. Bukan hanya produk yang sudah terkenal, merek-merek head unit asal Tiongkok pun kini banyak dijual di toko aksesori dan bengkel audio.

Promo Sistem Hiburan Mobil di IIMS 2023, Harga Paket Pioneer Cuma Segini

"Sekarang banyak banget pilihan head unit, mulai dari branded sampai ke merek China. Merek China sendiri juga beragam," kata Fara Silvia, pemilik bengkel Carav Car Audio Video kepada VIVA.

Menurut Fara, head unit kini banyak diincar pemilik kendaraan, khususnya untuk mobil yang dipakai harian. Sementara untuk penggemar modifikasi atau pemilik dana lebih, biasanya memilih head unit bermerek.

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

Head unit

Ada beberapa keuntungan dan juga kekurangan head unit buatan negeri Tiongkok. Yang pertama, kata Fara, harga untuk menebusnya relatif murah dengan pasaran di bawah Rp2 juta. "Dia murah. Budget ngepas pilih ini biasanya. Terus fitur yang ditawarkan lengkap, mulai dari pemutar CD, DVD, Bluetooth, USB, AUX, hingga mirroring smartphone," kata dia.

Insinyur Toyota Bisa Menangis Melihat Avanza Dibuat Seperti Ini

Sementara bicara kekurangan, dikatakan Fara, harga murah memang kerap mengorbankan kualitas suara maupun tampilan. Beragam keluhan pemakai head unit murah tersebut, mulai dari suara kurang jernih, gambar goyang, sampai mati total meski waktu pemakaian belum lebih dari setahun.

"Kualitasnya itu ya pas-pasan. Garansi tetap ada, satu tahun biasanya, cuma kadang belum satu tahun sudah rusak. Terus kalau head unit murah, suka enggak pas dengan dudukan di mobil. Jadi memasangnya harus akal-akalan, bikin mounting segala macam. Beda dengan yang branded, tinggal plug and play," kata Fara.

Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Hadiah yang diberikan kepada pengunjung Kustomfest 7-8 Oktober 2023 yang beruntung berupa mobil kustom bergaya pikap flat deck. Mobilnya berbasis sedan Toyota Crown 1982

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2023