Panduan Harga Pasang Kamera Parkir Mobil

Sensor parkir
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA – Kamera parkir kini banyak disematkan pada mobil-mobil keluaran terbaru. Sesuai namanya, kamera ini berfungsi untuk membantu pengemudi saat parkir.

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

Biasanya kamera parkir sudah terhubung dengan head unit mobil dengan model layar, baik touch screen maupun layar konvensional. Sehingga, saat posisi tuas transmisi dipindahkan ke 'R' atau mundur, pengemudi bisa melihat kondisi di belakang mobil.

Namun bagi pemilik mobil yang kendaraannya belum dilengkapi fitur ini, bisa memasangnya di bengkel maupun toko aksesori. Pemilik bengkel Carav Car Audio Video, Fara Silvia mengatakan, model dan harga kamera parkir beragam.

Insinyur Toyota Bisa Menangis Melihat Avanza Dibuat Seperti Ini

"Kamera parkir banyak yang pakai sekarang. Harganya mulai dari Rp300 ribu sampai Rp1,1 jutaan berikut pasang," ujar Fara kepada VIVA.

Pemasangannya, kata Fara, sama dengan kamera parkir standar mobil lainnya, yakni dihubungkan dengan head unit mobil. Lantas, bisakah aksesori ini dipasang pada mobil yang head unit-nya belum menggunakan layar?

Kendaraan Komersial ini Dimodifikasi dengan Ciamik

Fara mengatakan, untuk mobil dengan head unit single din standar, biasanya pemilik hanya memasang sensor parkir konvensional. Namun, kamera parkir tetap bisa dipasang dengan membeli aksesori tambahan.

"Kalau dia belum pakai head unit layar, mau enggak mau beli layar yang menyatu dengan spion tengah di dalam mobil, harganya Rp1,9 jutaan. Pilihan lainnya, beli layar kecil, nanti dipasang di sebelah kanan mobil disambung ke kameranya, harganya Rp1,2 jutaan. Itu di luar harga kamera parkirnya ya," kata dia.

Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Hadiah yang diberikan kepada pengunjung Kustomfest 7-8 Oktober 2023 yang beruntung berupa mobil kustom bergaya pikap flat deck. Mobilnya berbasis sedan Toyota Crown 1982

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2023