Ban Balap Buat Berkendara Sehari-hari, Apa Efeknya

Teknisi F1 sedang memeriksa ban jelang balapan
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Yates

VIVA – Ban mobil yang dijual di pasaran saat ini sangat beragam model dan peruntukannya. Ada yang dikhususkan untuk sirkuit, ada pula yang untuk dipakai harian. 

Viral Ban Mobil RI 1 Bocor di Grobogan, Jokowi Menunggu di Pinggir Jalan

Lantas, bisakah ban untuk balap dipakai untuk mobil yang dikendarai sehari-hari?

Direktur Pemasaran Michelin Indonesia, Putu Yudha mengatakan, ban untuk balap biasanya tidak memiliki pola atau alur seperti ban mobil harian.

3 Tanda Ban Mobil Bocor Halus

"Di dunia balap, kita lihat ada ban slick. Ban slick tentu tidak bisa dipakai di jalanan, karena kalau hujan, air itu mengalirnya ke mana," kata Putu di Jakarta, Selasa 20 Maret 2018.

"Untuk balapan, saat hujan misalnya, mobil tinggal masuk ke pit stop dan ganti ke ban basah. Kalau harian kan enggak mungkin hujan kemudian ganti ban. Jadi, memang desain ban harian berbeda dengan ban balapan," ujarnya menambahkan.

Alamak! Dua Ban Mobil Dokter Tengah Parkir di RS Medan Raib Digondol Maling

Ban Michelin

Saat ini, kata Putu, pabrikan ban berupaya merancang ban yang bisa memenuhi kebutuhan saat berada di trek balap, namun aman dan nyaman saat dipakai di harian.

Salah satunya dengan menciptakan ban yang bisa menapak sempurna di lintasan, dan bisa mendukung saat mobil melaju kencang.

"Industri pelan-pelan menciptakan ban yang memenuhi kebutuhan ini. Misalnya, Michelin menciptakan Pilot Sport Cup2, sebagai on road legal track tyre. Ini bisa dipakai di sirkuit, tapi pada saat keluar trek, nyaman, enggak begitu berisik juga," tuturnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya