Lima Fakta Avanza Terbaru yang Dijual Rp290 Jutaan

Avanza 1.5 X.
Sumber :
  • Paultan

VIVA – Publik dikejutkan dengan hadirnya Avanza terbaru dengan embel-embel 'X'. Wujudnya memang nampak berubah, karena kini terlihat lebih macho laiknya sebuah Sport Utility Vehicle.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Pantas jika kelahiran Avanza baru langsung menyita perhatian masyarakat. Lantaran dominasinya sebagai mobil terlaris kini mulai goyah semenjak kelahiran produk baru dari Mitsubishi, Xpander.

Lantas seperti apa sebenarnya Avanza 'X' yang dibenamkan mesin 1.5 liter itu? Berikut lima faktanya:

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

1. Dijual di Malaysia

Toyota Avanza 1.5X bukan dijual di Indonesia. Sebab UMW Toyota sebagai agen pemegang merek di negara tersebut merilisnya di Negeri Jiran.

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Di sana Avanza memang jadi salah satu mobil yang cukup laris penjualannya. Alasan itu pula yang membuat UMW Toyota mengubah tampilan mobil berkapasitas tujuh penumpang tersebut, agar terlihat berbeda.

2. Wajah Masih Sama

Jika dicermati dengan seksama, wujud Avanza 1.5X tetaplah sama dengan Avanza yang dijual saat ini. Toyota hanya memberi beberapa ubahan dengan menempelkan berbagai aksesori agar jadi lebih macho.

Aksesori itu antara lain bodi tambahan berwarna hitam mulai dari bumper depan, sepatbor, side skirt, hingga bumper belakang. Di bagian depan, terlihat bumper didesain ulang, kemudian dipasangi pelindung tengah khas SUV, serta lampu LED di kiri dan kanannya. Pelek juga turut berubah. Sedangkan kabin masih tetap sama.

3. Buatan Indonesia

Avanza 1.5X bukanlah diproduksi di Malaysia, melainkan disuplai dari Indonesia. Tercatat generasi pertama Avanza yang dipasarkan di Malaysia merupakan hasil produksi grup Toyota di Indonesia yaitu Astra Daihatsu Motor.

Perusahaan mengekspor Avanza dalam bentuk terurai atau Completely Knocked Down (CKD). Kemudian dirakit oleh Perodua Auto Corporation Sdn Bhd.

Sedangkan Avanza generasi kedua diekspor secara utuh (completely built up/CBU) ke Malaysia. Mobil jenis Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) tersebut pertama kali dipasarkan di Malaysia pada 2004.

Seiring dengan penyegaran yang dilakukan oleh Toyota Indonesia, maka pada 2015 UMW Toyota Motor juga ikut memasarkan Grand New Avanza. Di Malaysia Grand New Avanza ditawarkan dalam empat pilihan seperti 1.3E M/T, 1.5E A/T, 1.5G A/T dan 1.5S A/T.

4. Harga Rp290 Jutaan

UMW Toyota saat ini sudah membuka keran pemesanan Avanza 1.5 X. Mobil itu sudah dipajang di showroom-showroom Malaysia sejak 24 Februari lalu.

Harga yang ditawarkan untuk varian baru ini adalah 82.700 ringgit atau setara dengan Rp290 jutaan. Dengan masuknya varian ini tentu menjadi salah satu model termahal yang dipasarkan Toyota pada Avanza di sana.

Harganya juga lebih mahal ketimbang Avanza yang dijual di Indonesia. Di Malaysia, Avanza dijual dengan harga termurah Rp243 juta, sedangkan di Indonesia termahal Rp220,6 juta dan termurah Rp190,95 juta.

5. Tidak Cocok Buat RI

Menurut Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor --agen pemegang merek Toyota di Indonesia-- tiap negara mempunyai hak istimewa untuk membuat model yang dikehendakinya. Namun mesti ada persetujuan dari pihak principal terkait kualitas dan keamanannya.

Saat ditanya apakah TAM tertarik untuk mengubah Avanza menjadi demikian, Soerjo, sapaan akrabnya menyiratkan tak cocok dengan Indonesia. “Apa yang dilakukan negara lain belum tentu cocok untuk Indonesia, begitu pun sebaliknya,” ujar Soerjo kepada VIVA, Rabu 21 Maret 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya