Pasang Kaca Film di Atap Mobil, Berapa Persen Kegelapannya?

Sunroof.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA – Pada beberapa mobil keluaran terbaru, kaca bukan hanya ada di depan, sisi kiri dan kanan, serta di belakang saja. Ada juga atap mobil yang kini menggunakan kaca, baik untuk jenis sunroof, moonroof, maupun panoramic roof.

Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas

Lantas, bisakah kaca di atap ini dipasangi pelapis film untuk menolak panas? Business Development Director PT V-Kool Indo Lestari, Lianto Winata mengatakan, pemasangan film di atap kaca sebenarnya tak berbeda dengan bagian lain.

"Kami sering pasang film di kaca atap mobil, saya sendiri pakai untuk sunroof mobil. Enggak masalah, enggak ada perbedaan khusus," kata Lianto di Jakarta Selatan, Selasa 27 Maret 2018.

Kaca Film Ini Bisa Melindungi Layar Instrumen Mobil

Untuk kaca film atap, kata Lianto, umumnya pemilik memasang yang kegelapannya 40 persen. Ukuran tersebut sangat pas agar tetap bisa menikmati pandangan dari bagian atas. "Jadi kalau siang lumayan adem, tetapi malam juga enggak gelap," ujarnya.

Sementara itu, untuk kaca film yang dipasang di depan mobil berbeda dengan samping dan belakang. Kaca depan sebaiknya menggunakan pelapis film yang tidak terlalu gelap.

Mobil Listrik Wuling dan MG Pakai Kaca Film Berstandar ISO

"Standar dari atpm kan depan hanya 20 persen atau yang clear ini memang agar tidak mengganggu visibilitas saat mengemudi. Tetapi saat ganti aftermarket bisa sampai 40 persen," ujarnya.

"Untuk kaca samping dan belakang bebas, sesuai kebutuhan konsumen. Bisa sampai 60 atau 80 persen. Pemasangan bisa di kombinasi atau bisa 80 persen," tambahnya. (one)

Ilustrasi memasang kaca film mobil

Tips Memilih Kaca Film Terbaik untuk Mobil Anda

Kaca film merupakan salah satu elemen penting dalam menjaga kenyamanan kabin mobil. Selain meningkatkan privasi, kaca film juga berfungsi untuk menolak panas matahari, me

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2024