Mobil Ini Ideal untuk Parkir di Ruang Sempit

Toyota Sienta
Sumber :
  • FOTO: VIVA.co.id/Herdi Muhardi

VIVA – Tingginya minat akan kepemilikan kendaraan pribadi di Jakarta tidak sebanding dengan lahan parkir yang tersedia. Efeknya, mobil terkadang harus parkir di ruang yang tidak ideal untuk keluar masuk kabin.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Selain menyulitkan penumpang, ruang parkir yang sempit juga jadi sumber dari lecetnya bodi mobil, akibat pintu dipaksa membuka hingga menyentuh bodi mobil lain yang terparkir di sebelahnya.

Kehadiran mobil dengan pintu geser seolah menyelesaikan semua masalah tersebut. Beberapa pabrikan mobil menawarkan model mobil keluarga yang dibekali dengan fitur ini.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Dilihat dari sumber penggeraknya, pintu geser terbagi menjadi dua, yakni manual dan elektrik. Versi manual masih membutuhkan tenaga manusia untuk buka tutup, seperti mobil Luxio buatan Daihatsu.

Mobil pintu geser.

Mobil Favorit Keluarga Ini Harganya Mulai Rp60 Jutaan

Sementara itu, versi elektrik memakai tenaga motor untuk menggerakkan pintu. Semua mobil keluarga yang masuk dalam segmen menengah dan atas sudah dibekali fitur ini.

Dilansir dari Astraworld, Selasa 3 April 2018, kelebihan mobil dengan pintu geser ada dua. Pertama, penumpang bisa leluasa keluar masuk, karena pintu akan terbuka lebar ke arah belakang.

Sementara itu, keunggulan yang kedua yakni tidak perlu khawatir membuat mobil lain yang ada di sebelah menjadi lecet, karena pintu bergeser ke belakang, bukan membuka ke samping.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya