Bingung Bedakan Sunroof dan Moonroof pada Mobil? Baca Ini

Ilustrasi Moonroof.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Banyak pemilik kendaraan masih belum bisa membedakan jenis kaca yang ada di atap mobil. Saat ini ada beberapa model yakni sunroof, moonroof, dan panoramic.

Terpopuler: 3 Mobil Listrik Dijual Lebih Murah, Alasan Mitsubishi Xforce Tanpa Sunroof

Terkadang masih banyak yang salah sebut. Padahal, ada beberapa perbedaan mencolok antara ketiganya.

Pemilik Garasi Sunroof, Dewa Indra, menjelaskan, sunroof, moonroof, dan panoramic memiliki perbedaan. Kata dia, sunroof itu adalah model kaca yang bila dibuka ke atas. Sementara itu, kaca yang terbuka masuk ke dalam atap itu moonroof.

3 Alasan Sunroof Absen di Mitsubishi Xforce, Bukan karena Harga

Selanjutnya, istilah panoramic dipakai untuk model yang memakai kaca berukuran besar. Umumnya, kaca model ini bisa dibuka secara elektronik.

"Ada juga panoramic dengan kaca mati, jadi tidak bisa dibuka. Sebutannya panoramic glass top. Hanya penutupnya saja yang bisa digeser," ujarnya.

Kaca Mobil Bisa Pecah Mendadak, Ini Penyebabnya

Untuk peminat, Dewa menegaskan panoramic merupakan salah satu pilihan favorit pemilik kendaraan. Meski demikian, ia menegaskan tidak semua mobil bisa menggunakan kaca tersebut.

"Kalau banyak peminat biasanya penginnya yang unik, jadi pasang panoramic, tapi enggak semua mobil bisa. Karena luas harus dilihat, selain itu kontur mobilnya. Banyaknya panoramic itu MPV dan SUV," ujarnya.

Tes efisiensi kendaraan Ioniq 5 Bluelink

Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas

Cuaca panas di Indonesia bisa membuat suhu kabin mobil menjadi sangat tinggi, bahkan bisa mencapai 40°C. Hal ini tentunya dapat membuat penumpang merasa tidak nyaman, bah

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2024