Vespa Ternyata Pernah Produksi Mobil

Mobil Vespa 400.
Sumber :
  • Motor1

VIVA – Banyak orang pasti beranggapan Vespa hanya memproduksi skuter. Padahal, merek asal Italia itu tercatat pernah memproduksi mobil yang diberi nama Vespa 400.

KPK Sita 1 Mobil Lagi Milik Andhi Pramono yang Diumpetin di Bengkel, Chevrolet BLR 58

Mobil tersebut berjenis microcar, dibuat di Monaco pada 1957 silam. Piaggio, selaku produsen Vespa tak sendiri membangun ide microcar ini. Karena Piaggio turut menggandeng ACMA (Ateliers de construction de motocycles et d’automobiles) Prancis. Sementara paten desain dan rangka tetap jadi urusan Piaggio.

Di masanya, Vespa 400 dibuat dalam dua versi, Lusso dan Turismo. Dua tahun pertama mobil itu berhasil diproduksi sebanyak 20 ribu unit.

Terpopuler Otomotif: Parade Sepeda Motor Baru 2023, Kecelakaan Pertama Tesla Cybertruck

Mobil Vespa 400.

Mobil mungil dua pintu ini mengusung mesin dua silinder, dua stroke, berpendingin udara yang dapat menghasilkan tenaga 18 tenaga kuda, dan kecepatan tertinggi 83,4 kilometer per jam.

Ferrari Kuasai Daftar Mobil Klasik Termahal Tahun 2023

Untuk pasar Eropa mesin disandingkan dengan transmisi manual tiga-percepatan. Sedangkan untuk pasar Amerika, Vespa 400 dibekali transmisi manual empat-percepatan. Soal konsumsi bahan bakar, mencapai lima liter untuk jarak 100 kilometer.

Namun sayang usianya hanya bertahan empat tahun sebelum akhirnya setop produksi.  Setelah membuat 34 ribu unit dan berhenti produksi, Vespa akhirnya kembali fokus dengan skuternya. Demikian seperti dilansir Motor1.

Mobil Vespa 400.

Belum lama ini, ada seorang pemilik Vespa 400 di California yang menjualnya di situs jual beli online, eBay. Vespa 400 itu dalam kondisi mulus dan baru dibawa jalan 8.000 kilometer. Menurut penjual mesinnya berkondisi lancar jaya, termasuk bagian rem, transmisi, dan suspensi.

Mobil itu pun terlihat dijual dengan harga lumayan mahal, yakni sekira US$40 ribu atau setara Rp550 jutaan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya