Terungkap Biaya Modal Yaris-Vios di Indonesia

New Toyota Yaris 2018
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – PT Toyota Astra Motor beberapa waktu lalu sudah meluncurkan generasi baru Toyota Yaris dan Vios. Toyota Yaris meramaikan pasar mobil hatchback, sementara Vios menjadi pilihan baru di segmen sedan entry-level.

Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono mengatakan, kedua mobil baru ini sudah diproduksi lokal di pabrik TMMIN.

"Yaris dan Vios sudah mulai kami produksi, yang jelas sebelum meluncur kami sudah mulai jalan (produksinya). Kami tambah investasi untuk dua model ini," kata Warih kepada VIVA.

Bahlil Bocorkan Isi Pembicaraan Jokowi dan Tony Blair: Energi Baru hingga IKN

Untuk kedua mobil baru tersebut, dikatakan Warih, Toyota melakukan tambahan investasi sekitar Rp1,9 triliun. Investasi dilakukan untuk mengubah cetakan bentuk bodi, kemudian dudukan untuk pengelasan bodi, dan berbagai komponen lainnya.

"Kalau dilihat, jelas Yaris dan Vios model lama dan baru itu outer panel atau eksterior ganti. Berarti kami harus ganti beberapa komponen produksinya, termasuk supply chain juga ganti," kata Warih.

Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI

"Itu saja mesinnya kan enggak kami tambah investasi. Kalau full semua ganti, investasi bisa lebih dari itu," ujar Warih.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Instagram @luhut.pandjaitan]

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Luhut juga menegaskan bahwa Apple juga sangat tertarik investasi di bidang Artificial Intellegence (AI) di IKN.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024