Lima Mobil Paling Irit BBM di Indonesia

Perbandingan Suzuki Ignis lama (kiri) dan baru (kanan).
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Selain harga dan model, efisiensi bahan bakar juga kerap jadi pertimbangan seseorang sebelum berencana beli mobil. Sebab biaya untuk membeli bahan bakar minyak juga jadi perhitungan, terlebih jika mobil tersebut digunakan untuk harian.

Konsumsi BBM Pertamina Meningkat 42 Persen di Sumut saat Mudik Lebaran 2024

Bicara soal keiritan BBM, sebenarnya bukan hanya faktor kendaraan, tetapi juga ada unsur gaya berkendara dan juga kondisi jalan yang dilewati. Apabila berkendara secara ugal-ugalan, bukan tidak mungkin konsumsi BBM jadi meningkat. Demikian juga saat melewati jalan dengan tingkat kemacetan tinggi.

Namun, bagi yang masih penasaran, mobil apa yang di atas kertas irit bahan bakar, berikut rangkuman VIVA:

Yamaha Luncurkan Skutik Baru dengan Bagasi Besar dan Konsumsi BBM 49 Km/Liter

1. Datsun GO dan GO+ Panca

Lahir sebagai low cost green car memang membuat mobil ini wajib irit BBM. Dengan mesin 1.200cc dan transmisi manual, Datsun mengklaim satu liter bensin bisa menjelajah jarak 23,5 kilometer.

Belum Pakai Hybrid, Segini Konsumsi BBM Honda Stylo 160

2. Suzuki Ignis

Bagi penggemar mobil perkotaan, Suzuki Ignis yang menggendong mesin 1.197cc dengan transmisi manual lima percepatan hanya butuh satu liter bensin untuk jarak 23,64 kilometer. Sementara yang menggunakan transmisi otomatis AGS bisa menempuh 23,44 kilometer hanya dengan satu liter bensin.

3. BMW 320d

Mobil Eropa pun bisa dirancang untuk hemat penggunaan BBM. Bermodal mesin diesel 1.998cc dan kombinasi transmisi otomatis delapan percepatan, BMW ini diklaim bisa menempuh jarak 23,3 kilometer dengan satu liter BBM.

4. Honda Civic Turbo

Sedan segmen medium Honda ini bukan hanya memiliki tampilan gahar, konsumsi bahan bakarnya juga ternyata cukup irit. Mengandalkan mesin bensin 1.500cc Turbo, Civic bisa menempuh jarak sampai dengan 21 kilometer hanya bermodal satu liter bensin.

5. Mitsubishi Mirage

Dikenal sebagai city car, memang membuat Mitsubishi harus merancang Mirage agar tak boros bensin. VIVA pernah menguji mobil ini, dan hasilnya bisa menempuh 19,1 kilometer hanya dengan satu liter bensin. (kw)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya