Ada Mobil di Malaysia yang 100 Persen Buatan Indonesia

Suasana perakitan mobil.
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA – Industri otomotif di Tanah Air mulai menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Setelah sekian lama hanya dipasarkan di dalam negeri, pelan-pelan produk mobil dan motor buatan anak Bangsa mulai dikirim ke luar negeri.

Vespa 140th of Piaggio: Edisi Terbatas Merayakan 140 Tahun

Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, produksi kendaraan roda empat di Tanah Air pada 2017 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Jumlah unit yang diekspor juga naik, dari 194 ribu di 2016 menjadi 231 ribu di tahun selanjutnya. Ekspor dalam bentuk komponen juga terdongkrak, dari 6,2 juta komponen di 2016 menjadi 8,1 juta komponen di 2017,” ujar Airlangga saat memberi sambutan di pembukaan pameran IIMS, Kamis 19 April 2018.

3 Kendaraan Hino Dapat Sertifikat TKDN

Menurutnya, hal itu berarti bahwa pasar otomotif di Asia Tenggara sudah tidak lagi terpaku pada impor kendaraan dalam bentuk utuh atau completely built up (CBU).

“Negara lain di ASEAN mintanya bukan CBU, sudah dalam bentuk CKD (completely knock down),” tuturnya.

Mobil SUV Edisi Terbatas Ini Dijual Seharga Fortuner

Bahkan, lanjutnya, ada merek mobil di Malaysia yang menggantungkan komponennya dari Indonesia. “Industri otomotif merek tertentu di Malaysia itu komponennya 100 persen dari indonesia,” ungkapnya. Sayangnya, ia tak menyebutkan mobil yang dimaksud.(ren)

Ilustrasi ban retak

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Ban pecah merupakan salah satu faktor utama penyebab kecelakaan di jalan tol.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024