Bakal Ada Mobil di Indonesia dengan Harga di Bawah Rp70 Juta

Menteri Perindutsrian, Airlangga Hartarto saat mencoba prototipe mobil pedesaan.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2018 dimeriahkan sejumlah merek kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Mereka memamerkan beragam produknya untuk menarik banyak peminatnya.

Dulu Beli Holden, Kini Mobil Buatan RI Siap Dijual ke Australia

Tak ketinggalan, Kementerian Perindustrian turut menghadirkan alat mekanisasi multiguna pedesaan alias mobil pedesaan dalam hajatan tahunan itu. Sebelumnya, mobil tersebut telah diperkenalkan beberapa waktu lalu. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, mobil pedesaan hasil kolaborasi pemerintah dengan anak perusahaan PT Astra Otoparts ini memiliki banyak fungsi. Artinya tak hanya sebatas mengangkut hasil pertanian saja. 

Di Indonesia Cuma Segini Orang yang Mampu Beli Mobil Pribadi

"AMMdes ini (punya) dua fungsi yaitu sebagai transportasi penumpang dan (mengangkut) hasil pertanian dari desa ke kota," ujar Airlangga di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis 19 April 2018. 

Ia mengklaim, sejumlah persiapan telah dilakukan untuk memasarkan mobil pedesaan di Tanah Air. Salah satunya membangun pabrik sebagai tempat perakitan dan menyiapkan layanan purnajual untuk kendaraan tersebut. 

RI Lepas Ekspor Minuman Beralkohol Perdana Diageo ke Thailand

"Manufacturing sudah, penjualan sudah, purnajual juga sudah disiapkan," tuturnya. 

Pemerintah juga sampai saat ini sedang menyiapkan uji kelayakan mobil pedesaan di Kementerian Perhubungan. Sehingga, bila tahapan tersebut sudah selesai maka AMMdes siap dijual ke masyarakat dengan harga di bawah Rp70 juta. 

"Sehingga penjualan dan purnajual bisa berjalan, paket penjualannya di bawah Rp70 juta. Ini 100 persen desain dan menggunakan komponen dalam negeri." 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya