Mana Hybrid Honda yang Cocok untuk RI, Jazz atau HR-V

Honda HR-V Hybrid RS.
Sumber :
  • www.indianautosblog.com

VIVA – Indonesia siap menyambut era mobil ramah lingkungan, hybrid dan listrik. Di mana pemerintah tengah serius menggodok regulasinya.

Mobil Baru Toyota Bensinnya 22 Km per Liter

Salah satu poin yang menggema adalah pemerintah ke depan akan mematok bea masuk hanya lima persen dan nol persen untuk Pajak Penjualan atas Barang Mewah. Itu berlaku bagi mobil-mobil ramah lingkungan yang dibawa ke Indonesia.

Terkait isu ini, PT Honda Prospect Motor mengaku terus mempelajarinya. Seperti diketahui, HPM sebelumnya menjual CR-Z hybrid di Tanah Air. Tetapi karena produksinya disetop di Jepang, keberlangsungan di Tanah Air pun ikut berimbas.

2 Mobil SUV Keren Siap Mengaspal di IIMS 2022

“Kita juga jual CR-Z hybrid sampai akhir tahun lalu, karena di Jepang sudah discontinue. Untuk ke depannya kita belum ada rencana baik hybrid atau listrik, tapi kita sedang pelajari karena ini berhubungan dengan peraturan,” ujar Marketing and Aftersales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sebenarnya secara global Honda punya sejumlah mobil hybrid yang dilahirkan dari versi mesin bensin, seperti seperti Accord, HR-V dan Jazz. Lantas, dari mobil-mobil itu manakah yang cocok untuk pasar Tanah Air?

Toyota Pamer Mobil Baru Penantang Honda Jazz

Kata Jonfis, sejauh ini pihaknya masih melakukan studi dengan model yang sudah ada. Riset tentu perlu dilakukan, karena itu jadi salah satu kata kunci agar produk yang dijual laris ke pasaran.

“Menurut kita belum ada model yang cocok dengan masyarakat di Indonesia untuk dijadikan hybrid. Karena belajar dari sebelumnya, ketika punya model mirip dengan Civic bensin dan hybrid konsumen cenderung memilih bensinnya,” tuturnya.

“Maka ke depannya jika aturan sudah ada, kita riset lagi yang cocok. Malaysia juga ada Jazz hybrid dan dia punya insentif, City juga ada hybrid,” tambah dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya