Daftar 5 Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang Masa

Toyota Avanza.
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Sudah bukan rahasia lagi bila pabrikan Jepang merajai pasar otomotif roda empat secara nasional. Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, deretan mobil asal negeri Sakura mendominasi penjualan di dalam negeri.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Mobil sejuta umat, Toyota Avanza misalnya, menempati posisi puncak sebagai mobil terlaris sepanjang masa. Meski produk baru mulai bermunculan, rupanya tak menggoyahkan tahtanya sebagai kendaraan paling laku. 

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan Low Multi Purpose Vehicle itu sejak 2004 sampai 2017 telah mencapai 1.638.704 unit secara wholesales atau dari pabrik ke diler. Jumlah ini lebih besar bila dibanding model lainnya. 

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

Di urutan kedua disusul dengan Toyota Kijang Innova. Dalam periode yang sama, kendaraan di kelas medium MPV tersebut telah terdistribusi ke jaringan pemasarannya sebanyak 735.263 unit. 

Perakitan All New Kijang Innova di Pabrik Toyota Karawang 1

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Selanjutnya, mobil keluarga dari Daihatsu, Xenia, berada pada urutan ketiga. Kembaran dari Avanza ini, telah terpasarkan sebanyak 616.446 unit di Indonesia. Tak dipungkiri, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia memang memiliki posisi istimewa dalam industri otomotif Indonesia. 

Honda Jazz menyusul Xenia dalam penjualan wholesales. Mobil berjenis hatchback ini tempati posisi keempat dengan perolehan angka sebesar 295.534 unit dalam kurun waktu yang sama. 

Pada urutan kelima diisi oleh keluarga Toyota di segmen Low Sport Utility Vehicle, Rush. Mobil tersebut terjual sebanyak 255.768 unit sejak beredar pada 2006 sampai 2017. 

Berikut daftar lima mobil terlaris di Indonesia sepanjang masa.

Toyota Avanza  : 1.638.704 unit

Toyota Innova   : 735.263 unit

Daihatsu Xenia : 616.446 unit

Honda Jazz       : 295.534 unit

Toyota Rush      : 255.768 unit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya