Mobil China Mulai Menjamur, Ini Pesan Christian Sugiono

Christian Sugiono.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Sudah bukan menjadi rahasia umum, pabrikan asal Jepang menguasai pasar otomotif nasional hingga saat ini. Mereka menghadirkan berbagai jenis produknya di tiap segmen. 

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Namun, industri otomotif kini diramaikan oleh pabrikan dari Tiongkok. Mereka adalah Wuling dan Dongfeng Sokon. Kehadiran kedua mereka di Tanah Air tak main-main. 

Untuk bisa bersaing di dalam negeri, Wuling menggelontorkan dana sekitar Rp9,6 tiliun. Sementara DFSK mengeluarkan dana sebesar Rp2,02 triliun untuk membangun pabrik di Indonesia. 

Sedan Listrik Wuling Sudah Bisa Dipesan, Harganya Rp200 Jutaan

Adanya pemain baru di industri otomotif nasional tersebut, mengundang perhatian artis Christian Sugiono. Menurut dia, kehadiran merek-merek itu bisa menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat.

"Mobil China sih bagus masuk ke Indonesia, sebagai pilihan baru untuk membeli mobil dengan harga terjangkau," kata Tian saat berkunjung ke Kantor VIVA, di Jakarta.

Kembaran Wuling Cloud EV Ini Kepergok Kamera Uji Coba di Jalan Raya

Wuling Cortez

Suami dari Titi Kamal ini menilai, mobil lansiran negeri Tirai Bambu itu tak kalah canggih dengan asal negeri Sakura. Ditambah, harga yang dijual cukup terjangkau bagi masyarakat Indonesia. 

"Kalau dibandingin dengan produk Jepang, speknya yang cukup tinggi dengan harga terjangkau itu, jadi menurut gue bagus sih ada yang seperti itu," ujarnya. 

Namun demikian, ia berharap para pelaku otomotif tersebut serius menjual kendaraannya di Indonesia. Salah satunya dengan menyediakan layanan perawatan dan purnajual yang memadai. 

"Mudah-mudahan bengkelnya juga banyak di luar kota, jadi enggak di Jakarta saja,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya