Mobil SUV Terlaris Bukan Lagi Toyota Rush

Mobil All New Toyota Rush
Sumber :
  • VIVA/Hadi Suprapto

VIVA – Keberadaan mobil sport utility vehicle atau SUV cukup diterima masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari angka penjualannya yang tetap stabil, bahkan terkadang naik.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, SUV di Indonesia terbagi menjadi dua kategori, yakni kelas bawah atau low dan SUV biasa.

Beberapa mobil yang masuk dalam kategori low SUV yakni Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda HR-V 1.5, dan Honda BR-V.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Bicara soal angka penjualan dari pabrik ke diler atau wholesales, Rush dan Terios merajai segmen ini sejak 2007. Namun, hal itu berubah ketika Honda meluncurkan HR-V dan BR-V pada 2015 dan 2016.

Acara Honda BR-V menuju Kamojang, Garut, Jawa Barat.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Desain dua andalan Honda yang menarik, membuat angka penjualannya selama beberapa tahun berada di atas mobil kembar buatan Daihatsu tersebut.

Merasa sudah cukup lama dikalahkan Honda, Toyota dan Daihatsu akhirnya menghadirkan Rush dan Terios model baru di awal tahun ini. Bentuknya yang unik dan tidak biasa, sukses menarik minat konsumen di Tanah Air.

Rush sukses menjadi low SUV terlaris pada periode Januari-Maret 2018, sedangkan Terios bisa naik ke posisi dua pada Maret.

Sayangnya, hal itu kembali berubah. Penjualan Rush di bulan keempat tahun ini turun 41 persen, dari 5.027 unit menjadi hanya 2.926 unit.

Honda HR-V terbaru.

Sementara, HR-V 1.5 yang pada Maret hanya laku 2.026 unit, di bulan selanjutnya naik menjadi 3.926 unit, dan sah menjadi low SUV terlaris periode April 2018.

Terios yang menempati urutan ke-2 pada bulan ketiga, harus rela turun ke urutan empat. Sebab, angka penjualannya di April lebih rendah dari Rush, yakni hanya 2.548 unit. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya