Sempat Jadi Kejutan, Bagaimana Nasib Datsun Cross Sekarang?

Datsun Cross
Sumber :
  • VIVA/Toto Pribadi

VIVA – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai agen pemegang merek Datsun di Indonesia resmi meluncurkan Cross pada awal 2018. Untuk harga, Cross dibanderol Rp161,49 juta untuk versi manual, dan transmisi matik CVT dijual Rp173,99 juta on the road Jakarta.

Nissan Punya Kabar Baru Lagi untuk Konsumennya di RI

Datsun Indonesia baru membuka keran pemesanan Cross pada Maret 2018 setelah unitnya di distribusikan ke seluruh jaringan diler resminya. Untuk angka wholesales (dari pabrik ke diler) Cross dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) pada Maret mencapai 2.223 unit.

Sedangkan bulan berikutnya, tepatnya April 2018 angka penjualan wholesales Cross turun tajam. Karena hanya tercatat 13 unit. Lantas kenapa ini terjadi pada mobil ketiga Datsun yang bukan termasuk kelas Low Cost Green Car (LCGC)?

Beli Nissan Livina Baru Diskonnya Sampai Rp35 Juta, Servisnya Gimana?

“Modelnya baru dan menyasar segmen konsumen yang baru. Jadi butuh waktu (mendistribusikan unit dalam jumlah banyak), Datsun Cross ini salah satu product launch kita tahun ini,” ujar Head of Communications PT NMI, Hana Maharani kepada VIVA, Kamis 17 Mei 2018.

Selain itu, tentu bukan tanpa sebab pendistribusian Cross ke diler kini merosot tajam. Pasalnya Nissan Indonesia juga mengaku tengah fokus untuk menjalankan strategi barunya. Selain dengan produk baru, Nissan juga mengaku akan fokus dengan after sales dan perluasan jaringan.

Nissan Jadi Merek Mobil Terlaris Nomor 2 di Indonesia

“Dengan planning baru ini, kita optimis bisa mendukung growth kita di pasar Indonesia (ke depannya),” tuturnya.

Mobil bekas Datsun Cross

Baru Dipakai 2 Tahun, Harga Mobil SUV Ini Turun 47 Persen

Mobil tersebut pertama kali dipasarkan di Indonesia dijual dengan harga Rp160 jutaan, namun saat ini harganya turun jauh.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2021